promo hari ini

Aneka Kue Berbahan Dasar Tepung Beras yang Enak untuk Cemilan

0

resep-kue berbahan tepung beras

Beras menjadi makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak hanya sebagai makanan pokok, beras pun diolah menjadi olahan makanan lainnya. Salah satunya adalah dengan mengolah beras menjadi tepung yang sering menjadi bahan pokok beberapa cemilan pasar. Kebanyakan dari kue tersebut memiliki rasa manis, pedas dan gurih. Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini:

 

Aneka Kue Berbahan Dasar Tepung Beras

  • Kue Nagasari

kue nagasari

makanan bahan dasar tepung beras yang satu ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional. Penampakannya sendiri dibungkus oleh daun pisang sedangkan kuenya berwarna putih dengan tekstur kenyal. Nagasari terbuat dari tepung beras, santan dan gula.

Kue ini biasanya menjadikan pisang sebagai isi adonannya. Nagasari pun biasa disajikan pada saat acara arisan, ataupun acara keluarga. Tak hanya berwarna putih, nagasari pun ada yang berwarna lain seperti biru, hijau, merah.

  • Kue Talam

kue talam

Talam merupakan kue yang dibuat dari tepung beras dan bahan lainnya, seperti ebi, abon, singkong, ubi, labu sampai jagung. Citarasa kue talam pun sangat beragam, terlebih saat ini banyak pedagang kue talam yang melakukan inovasinya sendiri.

Namun meski sudah banyak inovasi yang dilakukan, pada umumnya talam terbuat dari tepung beras, sagu, santan dan gula. Selanjutnya, adonan tersebut dicampur dengan berbagai bahan yang sudah dihaluskan seperti ubi, singkong, labu, dan pisang.

  • Kue Putu Ayu

kue putri ayu

Makanan bahan dasar tepung beras ini memiliki rasa gurih dan manis. Kue putu sangat identik dengan warna hijau dan taburan kelapa parut. Bentuknya pun sangat unik dan seringkali dihidangkan dalam acara adat atau hajatan. Putu ayu terbuat dari tepung beras, telur, gula, santan dan sari daun pandan-suji. Kue ini bertekstur lembut dan agak lembab karena proses memasaknya dikukus.

  • Kue Lapis

kue lapis

Anda pasti sudah tidak asing dengan kue lapis. Makanan bahan dasar tepung beras ini memang sangat mudah ditemukan di pasar. Bahkan sangat populer sebagai kudapan acara-acara besar. Kue ini pun memiliki tampilan yang menarik dengan lapisan warna yang berbeda-beda. Warnanya cenderung transparan dan bertekstur kenyal.

  • Putu Mayang

kue putu mayang

Putu mayang tidak sama dengan putu ayu. Makanan bahan dasar tepung beras ini punya penampilan seperti mie yang disiram dengan kinca (saus gula merah). Jajanan yang satu ini memang sangat menari, karena memiliki warna yang beragam, seperti putih, merah muda, sampai hijau.

Kue ini berasal dari Betawi dan bahannya sendiri berasal dari tepung beras, sagu, santan, dan gula. Adonan tersebut nantinya direbus sampai kental dan halus. Selanjutnya, adonan akan dicetak menjadi gumpalan mie dan disiram saus kinca.

  • Kue Cucur

kue cucur

Makanan bahan dasar tepung beras ini sebenarnya, tidak hanya ada di Indonesia saja. Namun hampir ada di semua negara di Asia Tenggara. Namun di Indonesia sendiri, cemilan ini sering dijadikan salah satu hidangan pada upacara adat. Bentuk dan teksturnya terbilang sangat unik. Soal rasa, kue ini terbilang manis dan lezat.

Kue cucur terbuat dari santan, tepung beras, gula merah, tapioka dan bahan pengembang. Semua bahan dicampurkan jadi adonan, kemudian di goreng sampai mekar. Selama cucur digoreng, kue cucur harus ditusuk di bagian tengahnya supaya bentuknya menyerupai ‘gunung’.

  • Apem

kue apem

Makanan bahan dasar tepung beras ini bentuknya tidak jauh dari serabi Bandung. Akan tetapi, ukurannya lebih tebal dan lebih empuk. Kue Apem, banyak disajikan selama bulan suci Ramadhan. Adonan apem pun jauh lebih kental dibanding serabi.

Apem terbuat dari tepung beras, gula, telur, tapai, ragi dan santai. Adonan apem ini perlu disimpan terlebih dahulu selama semalaman supaya mengembang dan berpori saat dipanggang. Rasanya pun sangat khas dengan aroma wangi dari perpaduan ragi dan tapai.

  • Carabikang

kue carabikang

Carabikang mempunya bentuk yang unik. Bentuknya mekar dengan warna-warna berbeda. Kue ini sering dihidangkan di acara hajatan atau teman minum teh saat gerimis menerjang. Meski kulit ini memiliki serat, kue ini tidak sama dengan bika ambon.

Carabikang terbuat dari tepung beras, gula, terigu, dan santan. Bila Anda ingin makanan bahan dasar tepung beras ini menjadi lebih kenyal, maka bisa ditambah dengan tepung tapioka dengan menyesuaikan takaran tepung lain.

  • Pancong

kue pancong

Pancong memiliki tekstur yang lembut dan sering ditaburi oleh berbagai topping. Tidak heran jika makanan bahan dasar tepung beras ini bisa merebut hati kaum millennial karena memang tampilannya menarik. Awalnya kue yang satu ini adalah jajanan khas Betawi yang penuh dengan kesan kesederhanaan.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, kue pancong mengalami revormasi dan membuatnya lebih menarik. Kue yang satu ini terbuat dari campuran tepung beras, garam, gula, santan dan kelapa parut.

Itulah beberapa kue berbahan dasar tepung beras yang harus Anda coba. Anda bisa membelinya langsung di pasar tradisional ataupun langsung membuatnya di rumah. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membuatnya?

Jika Anda tertarik untuk membuatnya, Anda dapat membeli tepung berasnya disini -> https://www.ralali.com/search/tepung-beras , Anda akan mendapatkan harga terbaik untuk lebih menghemat pengeluaran Anda.

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.