Lakukan 5 M Agar Anda Bisa Sukses Menangkap Peluang Bisnis Online

1

Tips Sukses Menangkap Peluang Bisnis Online

Pada tahun 2016 ini kurang lebih ada 90 juta pengguna internet di Indonesia, artinya ada 90 juta potential customer yang bisa Anda manfaatkan untuk menjadi sebuah peluang bisnis online.

Dalam dunia bisnis, pengguna internet bisa dibilang salah satu pasar terbesar yang bisa di target saat ini. Tidak cuma di Indonesia, dengan bisnis online Anda bisa menjangkau pasar seluruh dunia.

Sebagai orang yang pertama ingin terjun dalam bisnis online, atau mungkin orang yang awam dalam menggunakan internet Anda pasti bingung langkah apa yang harus dilakukan dalam menangkap peluang besar ini.

Baca juga : Masih Gaptek Jualan Online? Berikut 5 Cara Jualan Online Tanpa Ribet

Setelah membaca artikel ini, Anda akan mengetahui 5 M yang merupakan langkah-langkah mudah yang bisa dilakukan dalam memulai bisnis online pertama Anda.

Kita mulai dari cara yang paling simple,

M Pertama : Menentukan Bidang Bisnis yang Bakal Anda Tekuni

Dalam memulai sebuah bisnis baik offline ataupun online, dilarang mencampur bisnis yang ingin Anda jalani. Tentukan salah satu bidang atau produk yang benar-benar terdapat peluang besar disana. Lalu fokuslah!

Caranya?

Mulai dari memikirkan dan mempertimbangkan apa passion Anda. Maksudnya adalah, bidang apa yang benar-benar membuat Anda bergairah untuk terus menekuninya dan Anda mau mengorbankan banyak hal termasuk waktu dan uang untuk terjun dalam bidang itu.

Misal, Anda sangat suka teknologi, bagi Anda kesalahan terbesar jika melewatkan satu teknologi terbaru yang hadir saat ini. Anda sangat antusias dalam mencari informasi yang berhubungan dengan teknologi, bahkan anda mau mengorbankan pekerjaan, dan uang untuk melakukan hal ini.

Ini adalah passion, dari sini Anda bisa menentukan bisnis online apa yang berpeluang untuk ditekuni sesuai dengan passion Anda. Misal, jual gadget, jual aksesoris gadget, membuat platform yang menyediakan panduan dan tutorial dalam menggunakan suatu teknologi terbaru atau apapun yang berhubungan dengan teknologi.

M kedua : Memilih Supplier atau Vendor yang Terpercaya

Internet akan memudahkan kita dalam mencari informasi, termasuk mencari informasi yang berkaitan dengan bisnis Anda. Dalam mencari supplier dan vendor, dengan adanya internet Anda tinggal mencarinya melalui mesin pencari.

Masalahnya apakah supplier dan vendor yang Anda dapatkan melalui internet tersebut merupakan supplier terpercaya? Apakah produk-produk mereka berkualitas? Apakah harga produk mereka lebih murah dari yang lain?

Untuk mengatasi berbagai kegelisahan Anda dalam memilih supplier terpercaya, saat ini ada platform B2B marketplace yang merekomendasikan banyak supplier untuk berbagai kebutuhan bisnis Anda.

Ralali.com merupakan platform yang tepat untuk Anda dalam mencari supplier dan vendor. Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bisnis Anda disini, seperti peralatan MRO (Maintenance, Repair and Operations), brankas untuk barang-barang berharga, kursi dan meja untuk kantor Anda dan lain sebagainya.

banner-cari-supplier
Cari Supplier Disini!

M ketiga : Menggunakan Platform yang Tepat untuk Menempatkan Produk Anda

Setelah Anda menentukan bidang bisnis dan mendapatkan supplier terpercaya untuk produk yang akan dijual, selanjutnya Anda harus menentukan dimana dan layanan-layanan apa yang akan digunakan untuk menjual produk-produk tersebut.

Lakukan kedua cara ini :

1. Manfaatkan marketplace

Marketplace merupakan salah satu tempat berkumpulnya calon customer Anda. Manfaatkan layanan ini untuk menempatkan produk yang Anda jual dan untuk mempermudah pencarian bagi customer dalam membeli produk Anda.

Caranya, daftar pada marketplace seperti OLX, FJB Kaskus, Tokopedia dan Bukalapak, lalu lengkapi informasi bisnis online Anda dan isi dengan produk-produk yang Anda jual.

2. Membuat website sendiri

Jika marketplace merupakan tempat yang disediakan orang lain, dengan membuat website Anda membuat tempat Anda sendiri. Pilih dua tempat ini untuk menambah awareness para customer Anda.

M keempat : Membangun Pondasi Social Media Bisnis Online Anda

Sebagai penjual, tentunya Anda harus mengundang pembeli supaya mau datang ke toko Anda. untuk itu Anda perlu mencari tempat yang terdapat berkumpulan target market Anda, salah satunya adalah social media.

Social media merupakan sarana pemasaran dan komunikasi antara Anda dengan customer, namun bukan sebagai tempat Anda berjualan. Tempat Anda berjualan hanya di marketplace dan website yang sudah Anda buat.

Social media bisa Anda manfaatkan untuk mengundang customer Anda ke website dan marketplace tempat Anda berjualan produk tadi.

Gunakan social media seperti facebook, instagram, BBM, twitter, line@ untuk memperkenalkan bisnis Anda dengan customer. Namun jangan gunakan fitur chatting seperti BBM untuk promosi atau berjualan, karena ini akan mengganggu mereka. Jangan sampai mereka menghapus Anda dari daftar kontak mereka. Cukup gunakan BBM untuk komunikasi antara Anda dengan customer.

Tidak semua produk/jasa bisa berhasil dipasarkan melalui social media, maka Anda harus menentukan social media yang tepat untuk produk Anda. Caranya adalah dengan menentukan target pasar terlebih dahulu. Siapa yang akan membeli produk Anda, lalu social media apa yang sering mereka gunakan, dan aktiflah pada social media tersebut.

M kelima : Mendapatkan Penjualan Pertama Anda

Mungkin menentukan produk, mencari supplier, mendaftar di marketplace, membuat website dan social media masih bisa Anda tangani sendiri.

Tantangan sebenarnya dalam jualan online adalah mendapatkan penjualan pertama Anda. Jika tidak bisa menjual, berarti bisnis anda gagal.

Beberapa faktor seperti harga bersaing, kualitas baik, pelayanan ramah bisa jadi salah satu penentu keberhasilan bisnis online Anda. Tapi itu saja belum cukup!

Yang lebih penting adalah bagaimana caranya meyakinkan calon customer Anda untuk membeli produk sejenis dari Anda.

Untuk itu anda membutuhkan berbagai strategi seperti berikut ini :

1. Membuat dan mendistribusikan konten

Jangan ragukan lagi, social media dan situs komunikasi merupakan tempat terbaik untuk mendatangkan pengunjung ke bisnis online Anda. Tapi jangan lakukan kesalahan dalam promosi.

Baca juga : 20 Kesalahan Besar yang Sering di Lakukan dalam Memulai Bisnis Online

Di internet itu ada 3 jenis orang :

  • Mencari informasi
  • Mencari hiburan
  • Membeli produk/jasa

Dan yang ada di situs komunitas hanya ada tipe 1 dan 2. Artinya kalau anda membuat konten yang hanya berisikan penjualan, Anda hanya akan dianggap sebagai spammer.

Lakukanlah cara ini agar anda tetap bisa melakukan promosi di situs komunitas atau social media :

  1. Temukan situs komunitas dan group social media yang sesuai dengan bisnis Anda
  2. Cari permasalahan utama dari anggota komunitas tersebut
  3. Buat konten yang bisa menjadi solusi permasalahan mereka.
  4. Distribusikan konten Anda untuk mereka.

Sebagian besar orang yang ada di internet ingin mendapatkan informasi, maka strategi seperti ini sangat efektif untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada mereka.

2. Mempertimbangkan untuk menggunakan Facebook Ads dan Google Adwords

Facebook Ads dan AdWords merupakan 2 platform iklan digital terbesar saat ini. Selain volume-nya besar, kualitas pengunjung dari keduanya juga tinggi karena Anda bisa melakukan targeting langsung.

Kalau anda punya budget pemasaran, gunakan salah satu atau keduanya. Dibandingkan dengan metode pemasaran lain, iklan bisa mendatangkan banyak pengunjung sekaligus dalam waktu singkat.

3. Mendapatkan Endorsement dari Selebgram dan Blogger

Banyak para pebisnis online yang sukses menggunakan cara ini. Selebgram biasanya memiliki banyak followers. Followers mereka sangat antusias dalam melihat update terbaru dari idolanya

Sementara blogger yang aktif bisa dijadikan sebagai tempat untuk mereview produk Anda. yang mana ketika followers dari selebgram tadi mencari informasi mengenai produk Anda, maka artikel yang dibuat oleh para blogger-lah yang akan membantu memberikan informasi lengkapnya.

Ingat, followers instagram selebgram yang Anda endorse harus memiliki followers yang sesuai target market Anda. Sementara blog yang Anda pilih juga harus sesuai dengan produk yang Anda jual.

4. Buat kontes di social media

Kalau anda ingin mendapatkan banyak follower, bisa juga dengan cara membuat kontes kecil-kecilan. Minta kepada selebgram untuk memberitahu follower-nya bahwa anda mengadakan kontes untuk mendapatkan produk yang di-endorse.

Itulah semua tahapan yang perlu Anda lakukan untuk mulai berjualan dan berbisnis online.

Tidak sulit bukan?

Semua langkah di atas tidak membutuhkan skill apapun untuk memulai, Anda bisa melakukannya sekarang juga dan mempelajarinya sambil berjalan.

banner-cari-supplier
Cari Supplier Disini!

Bingung memulai usaha sampingan ?

Konsultasikan gratis bersama Ralali.com, masukkan email anda di bawah, kami akan memberikan solusi secara personal peluang usaha apa yang cocok dengan Anda.

Selamat mencoba!

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

1 Komen

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.