Mengetahui Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Ban Forklift

0
Mengganti Ban Forklift
Image: www.hsssearch.co.uk

Mengetahui Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Ban Forklift – Ban forklift mempunyai peranan yang sangat penting untuk kelancaran material Handling bisnis, kenyamanan serta keselamatan operator dan pastinya perawatan serta keselamatan suku cadang forklift itu sendiri.

Fakta yang tak banyak diketahui oleh operator ataupun pengguna forklift ialah bahwa forklift tak mempunyai suspensi. Maka dari itu seluruh beban yang ada akan bertumpu terhadap ban forklift. Ban forklift terkadang mesti melintasi medan ataupun jalanan yang lumayan kasar entah itu bergelombang ataupun tak rata, jalanan yang terdapat banyak pecahan kaca, plat besi, paku dan lainnya di pabrik maupun di tempat kerja. Sangat penting ban forklift mesti dalam keadaan layak pakai, guna memastikan kelancaran material handling, memaksimalkan produktivitas serta keselamatan di area kerja.

Baca: Prosedur Keselamatan Bekerja dengan Forklift

Umur ban forklift dipengaruhi Liem sejumlag faktor utama semisal lamanya jam kerja, keadaan medan jalanan yang dilintasi oleh forklift anda serta ketelitian operator ketika membawa forklift. Berikut ini merupakan tanda-tanda ban forklift yang telah mengalami kerusakan serta perlu dilakukan penggantian.

Ban Solid Forklift  atau Ban Mati Forklift

Periksalah permukaan ban apakah potongan karet sudah mulai jatuh ? Potongan karet ban yang sudah mulai jatuh bisa diakibatkan karena sampah ataupun puing-puing yang berada di jalan serta ban forklif yang berputar di atas jalan atau permukaan kasar. Potongan karet ban yang sudah mulai jatuh bisa mengakibatkan forklift menjadi tak stabil ketika dikemudikan bisa pula diakibatkan karena ban melewati benda yang tajam semisal kaca, paku, atau plat besi.

Bintik-bintik datar: Hal ini biasanya terjadi sewaktu ban forklift berputar ketika berjalan dari satu posisi ke posisi lain, kerap melakukan tikungan tajam sewaktu membawa beban berat.

Ban hidup atau Ban pneumatic

Ban kekurangan tekanan angin: hal seperti ini bisa mempengaruhi kestabilan forklift serta mempercepat keausan tapak ban. Tikungan tajam yang dilakukan oleh ban forklift kekurangan angin bisa mengakibatkan pergeseran ban sehingga tak melekat dengan sempurna pada Velg sehingga akan mengakibatkan guncangan yang bisa membahayakan muatan serta forklift. Ban forklift karang angin pun bisa mengurangi efisiensi penggunaan bahan bakar.

Kelebihan tekanan angin pada ban pun bisa mempengaruhi jarak pengeremannya serta bisa mempercepat usia penggunaan ban.

Tepian ban robek yang disebabkan benturan dengan benda tajam yang bisa mengakibatkan hilangnya tekanan angin ban secara tiba-tiba.

Ban forklift yang telah menipis ataupun tak layak pakai bisa menimbulkan masalah untuk pemilik serta operator forklift.

Ban forklift yang telah mengecil apabila masih terus digunakan bisa mengakibatkan kerusakan terhadap rumah transmisi forklift.

Ban forklift yang telah rusak pun bisa mengakibatkan guncangan ataupun getaran lebih pada forklif.

Ban forklift yang tak layak pakai pun bisa menyebabkan kerusakan fatal terhadap suku cadang atau spare parit forklift.

Untuk melihat berbagai ban forklift dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual ban forklift dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.