Panduan Lengkap Memulai Usaha Supplier Amenities Hotel

0

Supplier amenities hotel adalah perusahaan yang memasok barang-barang kecil yang digunakan oleh tamu hotel, seperti sabun, shampoo, conditioner, dan produk lainnya yang ditempatkan di kamar hotel. Amenities adalah bagian penting dari industri perhotelan, karena memastikan tamu memiliki akses ke produk-produk yang diperlukan selama menginap.

bisnis supplier amenities hotel
imagesourcev : elsouvenir

Produk dari Supplier Amenities Hotel

Berikut adalah beberapa hal yang dapat disediakan oleh supplier amenities hotel:

Sabun, Shampoo, dan Conditioner

Produk-produk ini biasanya ditempatkan di kamar hotel sebagai bagian dari fasilitas mandi. Ini memastikan tamu memiliki akses ke produk-produk yang diperlukan untuk memulai hari yang baik.

Sikat gigi dan Pasta Gigi

Ini adalah produk yang digunakan oleh tamu untuk menjaga kebersihan mulut. Biasanya ditempatkan di kamar hotel di area yang mudah ditemukan. Misalnya di atas meja kamar hotel.

Kopi, Teh, dan Gula

Supplier amenities hotel juga menyediakan kopi, teh, dan gula yang dapat tamu hotel seduh sendiri di dalam kamar. Biasanya berupa kopi, teh, dan gula saset kecil.

Keuntungan menjual produk amenities memang kecil. Namun karena biasanya pembelian dalam jumlah besar, keuntungan menjadi supplier amenities juga menjadi besar. Apalagi jika supplier menangani kebutuhan amenities di banyak hotel.

Cara Menjadi Supplier Amenities Hotel

Walaupun keuntungan produk amenities itu sangat tipis, namun persaingan bisnis ini cukup tinggi. Untuk menjadi supplier ke hotel-hotel juga perlu perjuangan dan perlu jaringan yang kuat ke hotel-hotel. Tetapi jika anda mau berusaha dan gigih membangun kepercayaan pihak hotel, maka anda bisa menjadi supplier.

Berikut adalah langkah-langkah memulai usaha sebagai supplier amenities untuk hotel:

Riset Pasar

Melakukan riset pasar untuk mengetahui tren dan kebutuhan hotel terhadap amenities. Ini juga membantu Anda menentukan produk dan merek yang akan Anda tawarkan. Selain itu, riset juga untuk menentukan produk amenities apa yang saat ini hotel-hotel gunakan, dan apa kelebihan produk yang akan anda tawarkan.

Mendapatkan Lisensi dan Izin

Pastikan Anda memiliki lisensi dan izin yang diperlukan untuk menjalankan usaha Anda, seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Hotel tidak akan mau bekerjasama jika anda belum memiliki perizinan tersebut.

Menentukan Target Pasar

Fokus pada hotel-hotel tertentu yang mungkin membutuhkan layanan supply dari anda. Pastikan juga hotel yang menjadi target pasar anda memang cocok untuk menempatkan produk anda di kamar hotel. Hotel dengan biaya murah mungkin tidak akan cocok jika produk anda harganya cukup tinggi walaupun produknya memiliki kualitas yang sangat baik.

Menentukan Produk dan Harga

Pilih produk dan merek yang sesuai dengan tren pasar dan budget hotel, dan tetapkan harga yang dapat bersaing dengan supplier lainnya. Anda juga bisa membuat sistem pembayaran apakah produk tersebut harus bayar lebih dulu sebelum anda kirimkan, atau produk bisa anda kirimkan dulu dan akan anda tagihkan setelah suatu periode waktu tertentu (misalnya di akhir bulan, atau ditagihkan tiap 3 bulan sekali).

Membangun Jaringan

Hubungi hotel-hotel yang dipilih dan tawarkan produk dan layanan Anda. Buat presentasi yang menarik dan jelas menjelaskan manfaat bagi hotel jika memilih anda sebagai supplier dibandingkan produk amenities dari supplier lain.

Membuat Sistem Pemesanan dan Pengiriman

Buat sistem pemesanan dan pengiriman yang efisien dan dapat diandalkan untuk memastikan bahwa produk Anda diterima oleh hotel tepat waktu. Sistem ini perlu anda presentasikan juga kepada hotel sehingga menjadi keunggulan anda sebagai supplier.

Buat Website

Gunakan website untuk company profile. Supplier apapun itu akan lebih dipercaya oleh bisnis lainnya jika memiliki website yang memberikan informasi jelas mengenai usaha yang dijalankannya, dan berisi klien-klien dari supplier tersebut. 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memulai usaha sebagai supplier amenities untuk hotel dan membangun bisnis yang sukses dan dapat diandalkan. Semoga membantu

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.