Beberapa Pertanyaan Tentang Limbah B3 Beserta Jawabannya

0

Sampai sekarang ini mungkin ada beberapa diantara Anda yang sering kali menganggap jika semua sampah itu termasuk sebagai limbah dan tidak berguna sama sekali. Hal tersebut memang sangat wajar terjadi mengingat banyaknya sampah yang berserakan yang mengganggu sekali di mata Anda dan mengganggu juga untuk lingkungan di sekitarnya.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui jika limbah B3 itu tidak hanya spesifik sebagai sampah begitu saja. Ada bahkan ada beberapa bahan yang biasanya Anda menganggap itu adalah limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), padahal aslinya bisa jadi itu bukan termasuk ke dalam golongan tersebut. 

Apa saja pertanyaan tentang limbah B3 yang perlu Anda ketahui dan Anda ketahui pula jawabannya? Mari kita simak di pembahasan berikut!

Pertanyaan Sulit Tentang Limbah B3

Memang sulit sekali membedakan tentang limbah B3 itu apa saja. Mungkin saja ada beberapa yang sudah tahu jika itu memang bukan limbah B3, ada juga yang masih menganggap jika barang itu atau bahan itu merupakan golongan dari limbah B3.

Perlu kita garis bawahi lagi, jika tidak semua barang yang sudah tidak berguna merupakan limbah B3.

Apakah Aki Termasuk Limbah B3?

Aki adalah komponen tenaga pada kendaraan bermotor. Sampai saat ini komponen utamanya masih terbuat dari logam timbal (Pb).

Baterai bekas (aki bekas) merupakan satu-satunya Bahan Berbahaya dan Beracun (limbah B3) yang diperbolehkan untuk diimpor menurut UU No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. Hal itu tertuang dalam Pasal 49 ayat 2. Waktu yang diizinkan untuk mengimpor aki bekas adalah dalam waktu 5 tahun sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 atau sampai dengan September 2002.

Apakah Besi Bekas Termasuk Limbah B3?

Besi bekas ternyata bukan merupakan limbah B3. Meskipun memang non limbah B3, besi bekas harus memiliki regulasi yang sangat ketat dalam pengelolaannya sehingga bisa dimanfaatkan lagi sepenuhnya.

Biasanya, besi bekas akan mendapatkan fase peleburan sehingga bisa dimanfaatkan kembali walau sudah agar berkarat sekalipun.

Apakah Botol Infus Termasuk Limbah B3?

Botol infus termasuk ke dalam limbah B3 yang merupakan limbah dari sektor medis. Limbah B3 yang ada di dalam jenis medis memang sangat banyak, termasuk botol infus. Ini bukanlah tanpa alasan mengingat botol infus ini merupakan sisa digunakan yang bisa jadi terkontaminasi dengan berbagai virus dan juga penyakit.

Apakah Kaca Termasuk Limbah B3?

Sampah B3 adalah jenis sampah yang memiliki potensi bahaya terhadap manusia, hewan, dan lingkungan sekitarnya. Salah satunya adalah kaca. Kaca termasuk ke dalam limbah B3 karena bisa memang tidak bisa terurai sama sekali dan juga bisa menjadi potensi luka jika tidak sengaja menginjaknya dan bisa mengakibatkan infeksi yang lumayan serius.

Apakah Limbah Medis Termasuk Limbah B3?

Limbah medis termasuk dalam klasifikasi bahan berbahaya dan beracun (B3) yang memiliki potensi membahayakan komunitas. Jika limbah medis tidak dibuang dengan syarat yang sesuai, hal ini dapat menimbulkan risiko bagi masyarakat di sekitar area pembuangan. 

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 101 Tahun 2014 dan Peraturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MENLHK) No. 56/2015, limbah medis termasuk dalam kategori limbah infeksius.

Apakah Minyak Goreng Bekas Termasuk Limbah B3?

Minyak goreng bekas atau jelantah yang merupakan bekas dari penggorengan berulang kali termasuk ke dalam limbah B3 yang bisa sekali berpotensi untuk mencemari lingkungan. Maka dari itu, perlu adanya pengelolaan minyak bekas yang baik dan benar agar jangan sampai dibuang secara sembarangan yang bisa mengakibatkan kerusakan pada lingkungan.

Apakah Oli Bekas Termasuk Limbah B3?

Menurut kriteria limbah yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup, oli bekas masuk dalam kategori limbah B3 karena mengandung bahan berbahaya dan beracun, seperti logam berat seperti belerang, kromium, sulfur, nitrogen klorin, bromin, dan senyawa teroksidasi.

Apakah Sabun Termasuk Limbah B3?

Sabun sebenarnya bukanlah limbah B3, akan tetapi jika kita berbicara tentang bekas sabun yang sudah dipakai entah itu sesudah mandi atau sesudah mencuci tangan, itu merupakan limbah B3. Sisa sabung mengandung alkali dan cairan pembersih yang bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan jika dibuang ke aliran sungai yang mengakibatkan matinya ekosistem di sungai tersebut.

Apakah Soda Api Termasuk Limbah B3?

Soda api mengandung larutan kaustik yang bersifat korosif. Sebenarnya memang jika digunakan dengan benar, B3 jenis korosif ini bisa berguna sekali untuk berbagai kegunaan seperti soda api. Akan tetapi, soda api yang mengandung kaustik tersebut limbahnya termasuk ke dalam golongan limbah B3.

Apakah Styrofoam Termasuk Limbah B3?

Styrofoam diproduksi dengan menggabungkan 90-95% polystyrene dengan 5-10% gas, menggunakan bahan peniup seperti CFC (freon) yang merusak lapisan ozon. Proses pembuatan styrofoam bahkan diklasifikasikan oleh EPA dan WHO sebagai penyumbang limbah berbahaya terbesar kelima di dunia.

Di berbagai daerah memang sudah tidak boleh untuk menggunakan styrofoam ini sebagai wadah untuk makanan karena limbahnya yang sulit sekali untuk diurai.

Kesimpulan

Jadi, bagaimana? Sudah tahu bukan beberapa yang termasuk ke dalam limbah B3 itu yang seperti apa? Dengan adanya pemahaman ini Anda akan lebih bijak lagi dalam menggunakan berbagai B3 tersebut agar tidak menghasilkan limbah yang bisa mencemari lingkungan sekitar dan bisa membahayakan juga bagi diri Anda.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.