Memulai Bisnis Bersama Ralali.com

7 Tips Mendekorasi Gapura Agar Terlihat Unik Saat Menyambut Hari Kemedekaan Republik Indonesia

0

Dekorasi Gapura 17 Agustus Hari Kemerdekaan

Salah satu bukti nyata yang sering dilakukan setiap warga Negara Indonesia dalam menyambut hari Kemerdekaan adalah dengan melakukan berbagai kegiatan yang memacu semangat dan kreativitas bagi setiap warga Negara. Hal yang umum dilakukan adalah dengan membuat gapura pada setiap jalan menuju desa atau kampung masing-masing yang dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan lomba dan sejenisnya sebelum upacara kemerdekaan.

Gapura dibuat bertujuan untuk menunjukan semangat para setiap warga dalam menyambut hari kemerdekaan, selain itu dengan dibuatnya gapura bisa menarik perhatian orang luar daerah yang berkunjung pada daerah tersebut. Disisi lain dengan dibuatnya gapura bisa memacu kreativitas serta kekompakan pada daerah tersebut.

Dalam pembuatan gapura tidak ada ketentuan yang harus dipatuhi agar gapura terlihat unik, gapura tidak harus berbentuk A atau B, warna Z atau X. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan dalam pembuatan gapura untuk desa dan kampung kesayangan Anda

Pastikan Gapura yang Dibuat Memberikan Gambaran Sebagai Ciri Khas Bagi Daerah Anda

Tidak jarang pembuatan gapura sering dijadikan sebagai ajang lomba, sehingga setiap kampung atau kelompok bersemangat dalam pembuatan gapura seunik mungkin. Agar gapura terlihat unik, Anda bisa membuat gapura sesuai dengan ciri khas desa atau kampung Anda.

Jika suatu daerah memiliki ciri khas misalkan pakaian seperti batik, Anda bisa membuat gapura dengan kombinasi warna merah putih dan batik. Atau jika daerah anda memiliki mata pencaharian dari bertani, gapura tersebut bisa dibentuk seperti cangkul atau apapun yang sejenis.

Jangan Lupa Kibarkan Bendera Merah Putih Pada Tengah Gapura

Menggunakan bendera Merah Putih merupakan salah satu cara menghias gapura agar gapura terlihat lebih menarik. Dengan menambahkan bendera merah putih akan mengingatkan kita kepada perjuangan para pahlawan terdahulu yang berjuang mempertaruhkan nyawa agar bendera merah putih dapat berkibar di tanah Indonesia, letakan bendera merah putih pada titik tertinggi hal ini memiliki makna bahwa kita harus mementingkan kepentingan negara diatas kepentingan pribadi. 

Pastikan Gapura Terlihat Menarik Baik Pada Siang ataupun Malam hari

Jika biasanya gapura cuma bisa terlihat unik disiang hari, cobalah agar gapura yang Anda buat juga bisa terlihat unik dan indah pada malam hari. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan lampu atau lampion dengan warna merah putih yang gantungkan pada gapura atau pada pinggir-pinggir jalan menuju ke kampung Anda.

 

Memasang Lambang Garuda Bukan Ide yang Buruk Untuk Menghias Gapura

Penambahan lambang negara Indonesia burung Garuda Pancasila dapat Anda tambahkan untuk desain gapura 17 Agustus Anda, penambahan lambang negara ini akan memberi kesan gagah terhadap gapura Anda, tapi ingat kita harus menghormati lambang negara kita jangan letakan lambang di posisi yang rendah, disarankan letakan ditempat yang tinggi dan mudah terlihat.

Tambahkan Tulisan Selamat Hari Kemerdekaan dan Tulisan Lain yang Menarik Perhatian

Menambahkan tulisan akan meningkatkan nilai keindahan dari gapura itu sendiri, tulisan juga dapat menyampaikan pesan yang sangat kuat bagi pembacanya. Tulisan yang wajib ada pada gapura adalah ucapan hari kemerdekaan seperti “HUT RI Ke ….” “Dirgahayu RI ke …” “Selamat Hari Kemerdekaan”  dan lain-lain.

Selain ucapan hari kemerdekaan, Anda juga bisa menambahkan tulisan lain dengan kata-kata indah yang bisa menumbuhkan semangat setiap warga negara seperti ” Merdeka atau Mati” “Sekali Merdeka Tetap Merdeka” “Indonesia Tanah Air Beta”

Menambahkan Sesuatu yang Baru Pada Gapura 

Jika semua hal-hal yang lazim digunakan pada gapura sudah Anda terapkan, Anda juga bisa memberikan sesuatu yang baru pada gapura yang dibuat. Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan bambu runcing, atau senjata-senjata yang digunakan oleh para pahlawan dalam melakukan perjuang, selain itu juga bisa melukiskan wajah-wajah pahlawan Indonesia pada gapura tersebut, dan hal lain yang membuat gapura Anda terlihat berbeda dari yang lain. 

Seperti diutarakan sebelumnya, pembuatan gapura tidak ada hal yang harus benar-benar dipatuhi. Anda bisa mengekspresikannya sekereatif mungkin dalam pembuatan dan penghiasan gapura.

Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia!

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.