Tips Memilih Mesin Potong Rumput

0

tips memilih mesin pemotong rumput

Tips memilih mesin potong rumput – Memiliki halaman yang ditumbuhi rumput hijau serta bersih merupakan dambaan bagi sebagian orang. Halaman dengan rumput yang hijau dan bersih sangat indah untuk dipandang serta dapat memberikan nuansa tenang, pikiran pun akan terasa rileks.

Akan tetapi kita pun sering terpikirkan bahwa merawat rumput sangatlah merepotkan ketika berkeinginan untuk memiliki halaman dengan rumput yang hijau serta bersih. Anda bisa memakai jasa layanan pemotong rumput, ataupun melakukannya sendiri.

Jika halaman rumah anda tidak begitu luas, anda dapat menggunakan gunting pemotong rumput, sedangkan jika halaman rumah anda lumayan luas anda dapat memakai mesin pemotong rumput. Apabila anda tidak memiliki mesin tersebut dan berencana hendak membelinya, baca lebih lanjut artikel ini yang akan memberikan tips memilih mesin potong rumput.

Tips Memilih Mesin Potong Rumput

  • Jenis mesin potong rumput

Ada 2 jenis mesin pemotong rumput yaitu:

  1. Pemotong rumput dorong

Mesin jenis ini hanya dipakai untuk halaman yang memiliki permukaan tanah rata. Pada bagian tangkai pendorong pada mesin jenis ini bisa dilipat sehingga mudah sekali ketika disimpan. Mesin jenis ini bisa memotong rumput hingga pinggir sesuai dengan jalur roda. Mesin jenis ini pun terdapat penampung rumput yang tidak sulit ketika dipasang maupun ketika melepaskannya.

Baca Juga : Tips Cara Memilih Lemari Arsip 

Apabila halaman maupun lapangan lumayan luas serta berbentuk segi empat, lebih baik pakai mesin potong rumput dorong serta ketika menggunakannya lebih baik berkeliling memutar. Hal ini bertujuan supaya rumput yang terpotong dapat terkumpul di tengah-tengah halaman, sehingga rumput yang sudah terpotong tersebut mudah dikumpulkan serta dibuang dan hendaknya ketika memotong rumput dikerjakan sewaktu siang hari saat embun telah hilang, gunanya adalah agar rumput yang sudah terpotong tersebut tidak banyak menempel di kantong penampungan pada mesin tersebut sehingga mudah untuk dibersihkan

  1. Pemotong rumput gendong

Mesin potong rumput gendong digunakan untuk memotong rumput di lapangan maupun halaman yang permukaan tanahnya tidak rata maupun bergelombang. Bentuk mesin jenis ini hampir sama dengan alat penyemprot hama yang kerap digunakan oleh petani untuk menyemprot dan membasmi hama. Mesin jenis ini mempunyai gagang besi berukuran panjang. Cara menghidupkannya hanya dengan menarik tuas yang terletak di dekat mesin.

Ketika menggunakan mesin jenis ini, sebaiknya dipakai dengan cara berjalan maju, bukan dengan cara berjalan mundur. Bila terdapat batu pada tanah, sebaiknya disingkirkan terlebih dahulu sehingga bagian pisau pemotong rumput tidak cepat rusak atau cacat.

  • Tipe pisau

Ada 3 jenis pisau pada mesin potong rumput tipe gendong yaitu:

  1. Pisau palang

Dipakai untuk memotong rumput berukuran besar misalnya alang-alang, rumput gajah, dan sebagainya.

  1. Pisau bulat bergigi 8

Pisau jenis bulat bergigi 8 dipakai untuk memotong semak belukar.

  1. Pisau bulat bergigi 80

Pisau jenis bulat bergigi 80 digunakan untuk memotong tumbuhan yang amat besar.

Sementara itu, pemotong rumput jenis dorong hanya mempunyai satu model pisau saja.

Itulah beberapa tips yang mesti Anda perhatikan ketika memilih mesin potong rumput. Semoga artikel ini bermanfaat serta berguna bagi Anda.

Ralali.com jual mesin potong rumput beraneka macam dengan harga murah dan berkualitas baik.

Penulis: Vei

Editor: Angga

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.