Diskon Pulsa Ralali

Mau Memulai Bisnis Coffee Shop? 6 Tips ini Cocok untuk Anda!!

Memulai bisnis coffee shop sangat menjanjinkan, karena....

0

Minum kopi sudah jadi tren yang membudaya di Indonesia. Saking populernya, saat ini banyak sekali warung kopi ataupun coffee shop yang tersebar di penjuru kota sebagai tempat nongkrong masyarakat urban. Mulai dari remaja, mahasiswa, hingga eksekutif kantoran, senang mengonsumsi kopi sambil mengobrol. Tak hanya itu, kalangan menengah ke bawah pun senang mengonsumsi kopi. Tentu saja ini bisa menjadi peluang yang paling menjanjikan asal pengelolanya tahu bagaimana cara mengembangkannya.

kafe di Indonesia sendiri sudah begitu berkembang dan pertumbuhannya sangat pesat. kafe kini menjadi salah satu tempat melepaskan penat sambil berkumpul bersama teman dan rekan kerja. Tak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Bandung dan Surabaya, café juga ada di kota-kota kecil, yang membedakan adalah standarnya dan pasar yang berbeda-beda.

Walau kopi diminati oleh banyak orang, namun membangun bisnis coffee shop juga tak semudah menyeduh kopi tubruk. Ia lebih kompleks dari itu, banyak elemen yang tak boleh luput dari perhatian. Hal-hal di bawah ini adalah yang paling utama untuk dipersiapkan dalam memulai bisnis coffee shop.

1.  Modal

Modal adalah salah satu hal penting yang harus dipikirkan sebelum memulai bisnis. Untuk memulai bisnis kedai kopi, modal Rp1 juta pun cukup. Jika Anda hanya memiliki budget minim maka jangan dipaksakan untuk membuka coffee shop besar dan mewah. Mulailah dari sesuatu yang sederhana.

2.  Konsep

Untuk menghindari persaingan bisnis kopi, Anda harus membuat konsep yang kuat. Selain untuk membedakan bisnis Anda dengan bisnis kopi lainnya, konsep bisnis juga dapat membantu menarik konsumen hingga membantu mengembangkan bisnis. Konsep yang Anda gunakan dalam membuka kedai kopi akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Misalnya, Anda mengusung konsep minimalis, maka menu kopi yang dibuat juga harus berkonsep minimalis. Apapun konsep yang digunakan, Anda tetap harus mengedepankan kenyamanan. Apalagi, kebanyakan orang menikmati kopi saat bersantai.

3.  Lokasi yang Strategis

Setelah Anda menentukan konsep, lokasi juga memiliki peran yang sangat penting dalam suatu usaha. Pemilihan lokasi menjadi penentu bisnis yang Anda jalankan berhasil atau tidak. Oleh karena itu, carilah tempat yang strategis dengan akses yang mudah ditemukan. Usahakan berada di tengah-tengah keramaian.

Misalnya, Anda bisa memilih tempat seperti dekat dengan kampus, sekolah, kantor ataupun di mall. Sesuaikan pula pemilihan tempat dengan target market yang dituju agar pasarnya tepat sasaran.

4.  Pilih Supplier yang tepat

Untuk mendapatkan supplier yang tepat, Anda bisa mencarinya di beberapa daerah di Indonesia. Indonesia merupakan penghasil kopi terbesar nomor 3 di dunia setelah Brazil dan Vietnam. Tentu saja, kualitas kopi yang dihasilkan di Indonesia tidak diragukan lagi rasanya. Misalnya, Kopi Aceh Gayo, Kopi Toraja, Kopi Bali Kintamani, Kopi Floress Manggarai, Kopi Arabika Wamena, dan masih banyak lagi jenis kopi lainnya.

Jika memiliki budget lebih, Anda bisa langsung mengunjungi daerah-daerah tempat kopi tersebut dihasilkan. Namun, apabila budget yang dimiliki terbatas, sebaiknya carilah informasi baik melalui teman ataupun internet untuk mendapatkan kontak supplier yang terpercaya. Mintalah tester, jika memang kopi yang dicari sesuai dengan harapan buat kerjasama dengan supplier tersebut.

5.  Gunakan Peralatan yang Berkualitas

Agar bisnis coffee shop Anda berjalan lancar, gunakan peralatan yang berkualitas namun tetap terjangkau dengan modal Anda. Mulai dari mesin grinder, ketel pemanas, moka pot dan masih banyak lagi.

Tak hanya mesin pembuatan kopi tapi beberapa perlengkapan pendukung juga perlu Anda miliki. Misalnya, meja, kursi, cangkir, aksesori pemanis ruangan dan lainnya. Utamakan kreativitas agar peralatan yang digunakan tetap sederhana namun bisa menarik perhatian banyak orang.

6.  Promo

Mengundang media untuk datang mereview atau meliput gerai kamu juga disarankan, atau mengadakan workshop menarik untuk mencuri perhatian masyarakat dengan tetap berinovasi. Mungkin rasa harus tetap konsisten berkualitas namun pemasaran membutuhkan kreativitas.

Sisakan dana untuk mempersiapkan promo-promo selama coffee shop Anda beroperasi. Tak perlu sekaligus dilakukan, lakukanlah secara bertahap. Seperti memberikan diskon bertema, free voucher cuci motor setiap beli 1 cup kopi dan promo-promo lainnya.

Promo saat ini: Serba Serbi Produk & Peralatan Kopi

Mengalami rugi di awal itu biasa dalam membangun sebuah bisnis termasuk bisnis coffee shop ini. Tetap semangat!

Tertarik untuk mulai bisnis coffee shop? Jika Anda pemula, jangan ragu untuk banyak bertanya pada ahlinya. Selain itu, Anda bisa banyak belajar dari beragam referensi tentang bisnis coffee shop.

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.