Zalando Jadi Tonggak Industri Startup Berlin Usai IPO di 2014

0

Zalando SE, sebuah online store terbesar di eropa atau lebih tepatnya Jerman dengan produk sepatu dan fashion retailer yang menjadi fokus penjualan, berencana untuk menjual sebanyak 11 persen sahamnya dalam penawaran umum perdana tahun ini, hal ini menandai sebuah IPO (initial public offering) besar pertama dan menjadi tonggak industri startup Berlin tahun 2014.

Zalando Jadi Tonggak Industri Startup Berlin Usai IPO di 2014
Online-Store-Zalando

Online fashion store asal Jerman tersebut berencana untuk menjual saham dari 10 persen menjadi 11 persen pada semester kedua di bursa saham Frankfurt, Zalando mengatakan dalam sebuah pernyataan mengutip dari bloomberg.com. Penawaran tersebut dapat menghargai perusahaan pada 4 miliar euro.

Sepanjang sejarah ecommerce, negara Jerman belum pernah menyaksikan IPO teknologi besar seperti ini sejak Deutsche Telekom yang terdaftar sebagai bisnis internet dial-up pada tahun 2000. Dan Zalando merupakan e-commerce penjualan saham negara yang paling signifikan sampai saat ini. Tak ayal, perusahaan fashion online store ini menjadi cikal bakal berkembangnya industri startup Berlin.

BEP di Semester Pertama 2014

Perusahaan ini mencapai impas pada semester pertama 2014 dan itu merupakan tonggak penting, sekaligus pembuktian bahwa daya tarik model bisnis ini memiliki potensi luar biasa. Hal ini diungkapkan oleh Rubin Ritter, seorang anggota dewan manajemen dari Zalando.

Masih menurut Ritter, IPO untuk Zalando adalah tonggak industri startup Berlin dan menjadi langkah logis berikutnya dalam evolusi Zalando dalam kombinasi dengan meningkatkan modal tambahan untuk memberi lebih banyak fleksibilitas mengejar ambisi pertumbuhan jangka panjang.

Kini, Berlin telah menjadi tempat startup untuk berkembang, sebut saja layanan streaming musik SoundCloud Ltd dan Portal karya ilmiah ResearchGATE. Penyandang modal awal Ventura GmbH telah menarik co-founder LinkedIn Corp Dan Google Inc (GOOG) telah berencana menambah kantor modal ventura Eropa di London untuk mengincar hingga menyadap kemuncula perusahaan di Berlin, Paris dan tempat lain.

Peran Rocket Internet

Zalando, yang menjual produk di 15 negara Eropa, ditempa oleh Samwer Brothers Berlin berbasis inkubator Rocket Internet. Rocket meniru konsep bisnis e-commerce yang ada, terutama dari Silicon Valley, di pasar di luar AS dan China – dari Brasil ke Nigeria ke Myanmar. Zalando adalah salah satu bisnis yang masuk di pangsa pasar online fashion negara tersebut.

Zalando akan terdiri dari saham baru, karena semua pemilik yang ada akan tetap diinvestasikan. Lima besar investor di perusahaan adalah Investasi AB Kinnevik-Global Founder, Anders Holch Povlsen-DST Eropa dan Holtzbrinck-Ventures.

Sebagai tonggak industri startup Berlin, Zalando juga mengatakan bahwa mereka menandatangani kredit senilai 200 juta euro untuk jangka waktu lima tahun yang akan digunakan untuk tujuan umum. Laba bersih Zalando kuartal kedua adalah 29 juta euro, dibandingkan dengan kerugian 33,5 juta euro tahun sebelumnya.

Zalando Jadi Tonggak Industri Startup Berlin Usai IPO di 2014
Ilustrasi-Promo-Zalando-Fashion-Online-Store-Berlin

Penjualan tersebut dikelola oleh Morgan Stanley, Goldman Sachs Group Inc dan Credit Suisse Group AG. Deutsche Bank AG dan JPMorgan Chase & Co juga telah diamanatkan sebagai bookrunner bersama, Zalando untuk meneruskan sebagai tonggak industri startup Berlin. Tertarik menjadi pengusaha online store?

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar