13 Proyek Menakjubkan yang Dapat Anda Kreasikan Dengan Raspberry Pi

0

Di era serba teknologi canggih seperti saat ini, perangkat komputer bahkan hanya sebesar telapak tangan. Komputer mini itu bernama Raspberry Pi. Meski mungil, perangkat ini ternyata bisa dimanfaatkan menjadi banyak proyek kreatif lho. Jumlahnya ada 13 (tiga belas)! Ingin tahu proyek kreatif Raspberry Pi selengkapnya? Baca di bawah ini yuk.

Sebelum membahasnya lebih lanjut, Raspberry Pi merupakan komputer mungil yang bisa melakukan berbagai macam hal, hingga diklaim sebagai komputer yang dapat memfasilitas lahirnya programmer baru. Benar saja, ketika Anda membeli sebuah Raspberry Pi, Anda hanya akan menemukan kumpulan komponen kosong tanpa kabel, casing, aplikasi, dan operating system. Semua pengaturannya Anda dituntut untuk melakukannya sendiri. Seru kan? Asyiknya lagi perangkat canggih ini bisa didapat dengan harga kurang dari 500 ribuan rupiah saja.

Baca juga: Apa itu Raspberry Pi? dan Apa Perbedaan Versi Lama dengan yang Baru

Dengan kecanggihannya tersebut, Raspberry Pi bisa dijadikan berbagai proyek seru yang mungkin saja bisa menginspirasi Anda. Apa saja?

1. Membuat konsol game kreasimu sendiri

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Raspberry Pi merupakan komputer yang didesain untuk mempermudah penggunanya mempelajari sistem programming. Nah, salah satu praktik coding termudah yang dapat Anda lakukan dengan Raspberry Pi adalah dengan membuat game kreasimu sendiri.

Baca juga: Raspberry Pi Mungkinkan Anda Untuk Nostalgia dengan Game Retro yang Bisa Dibuat Sendiri

Photo by: pocket-lint.com

2. Membuat Media Smart TV

Tahukah Anda bahwa GPU Raspberry Pi dapat memutar video full HD hingga 1080p? Kualitas gambar tersebut membuat Raspberry Pi dapat dimanfaatkan sebagai media smart TV.  Cukup dengan mengaitkan Raspberry Anda ke TV melalui kabel HDMI, dan Anda pun dapat memutar audio, video, foto, dan melakukan browsing Youtube langsung di TV.

Untuk pembuatan media smart TV, anda dapat memanfaatkan perangkat yang tersedia di rumah, seperti: memory card, wireless router, televisi, kabel RJ45, kabel HDMI dan HP/Tablet Android sebagai remote control. Anda dapat menghubungkan Raspberry PI ke router yang telah terfasilitasi DHCP melalui kabel RJ45. Setelah itu, output audio/video akan tersalurkan ke TV melalui kabel HDMI.

Baca juga:Tingkatkan Keamanan Rumah Anda Secara Otomatis Dengan ‘Smart Home‘ ala Raspberry Pi

3. Menciptakan Cloud Server

Merasa tidak leluasa dengan media penyimpanan Dropbox dan Google Drive? Kini saatnya Anda memanfaatkan Raspberry Pi sebagai media penyimpanan dengan biaya murah dan berkualitas tinggi. Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah dengan selalu mengkoneksikan Internet ke hard drive eksternal Raspberry Pi.

4. Membuat Picrowave

Tahukah Anda? Jika Raspberry Pi bahkan bisa memodifikasi microwave tua Anda di rumah menjadi Picrowave. Bisa dibilang Picrowave adalah microwave pintar yang mampu terhubung dengan internet. Semua fitur itu berkat Raspberry Pi yang ada di dalamnya. Picrowave memberikan Anda keleluasaan untuk mengoperasikan microwave melalui kontrol suara, post tweet, kontrol melalui website, smartphone, dan barcode scanner untuk memperoleh intruksi memasak secara online.

5. Mesin Penambang Bitcoin

Siapa sangka? Raspberry Pi ternyata juga bisa jadi mesin penambang Bitcoin. Menurut situs Alphr, mesin penambang Bitcoin ala Raspberry Pi bisa dibuat hanya dengan bermodalkan tak sampai 1,5 juta rupiah. Mesin ini bahkan dilengkapi dengan papan instrumen (dashboard) yang berfungsi untuk menunjukkan grafik nilai tukar.

6. Sensor Kelembaban dan Suhu

Kini Anda tidak perlu bergantung lagi pada ramalan cuaca di TV, koran, atau majalah. Anda dapat mencari tahu sendiri analisis cuaca melalui Raspberry Pi. Anda hanya perlu menambahkan penggunaan Raspberry Pi dengan DHT Humidity Sensing With GDocs Logging. Jika dipasangkan, layanan tersebut bisa memberikan informasi cuaca terkini yang dapat disimpan di Google Spreadsheet Anda.

7. Pembuatan CCTV

Raspberry Pi dilengkapi dengan fitur motion sensor camera, sehingga Anda dapat memanfaatkannya sebagai kamera pemantau yang dapat memonitoring seluruh kondisi rumah kapan saja. Untuk membuat kamera pemantau, gunakan Parallax Passive Infrared (PIR) dan cari tahu beberapa pengetahuan dasar soal pemrograman. Meski pembuatan CCTV ini menghabiskan banyak waktu, namun hasil yang didapat sepadan dengan hasil yang didapatkan.

Photo by: raspberrypi-spy.co.uk

8. TV Mobil Layar Sentuh

Ingin memasang TV layar sentuh di mobil Anda? Kini Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan Raspberry Pi. Anda hanya perlu mempersiapkan 5 peralatan berikut:

  • Raspberry Pi Model B (Bukan model B+)
  • Layar Sentuh LCD Tontec 7
  • Keyboard USB ATAU komputer yang bisa SSH ke Pi Baik AC dan DC
  • Pi Power supply (5v 1amp)
  • Power supply LCD (12v 2 amp DC)

Dengan beberapa teknik pemrograman, Anda juga dapat membuat TV layar sentuh untuk memutar musik, video, dan fitur-fitur lainnya.

9. Robot Buttler

Projek robot buttler dapat Anda buat dengan Raspberry Pi dan Nitendo Wiimote yang sudah tidak terpakai. Anda juga dapat menambahkan penggunaan sasis robot,  pengendali motor, Phyton GUI untuk menyempurnakan pembuatan robot Anda.

10. Digital Garden

Tertarikkah Anda menghiasi rumah dan kantor Anda dengan taman bunga digital? Jika Anda tertarik, Anda dapat membuatnya dengan mengkolaborasikan Raspberry Pi dengan Pibrella. Pibrella sendiri merupakan mesin khusus hasil kustomisasi Raspberry Pi. Di dalamnya terdapat sebuah motor yang dapat diatur dengan pemrograman sederhana untuk tampilan yang memukau.

Photo by: gizmodo.com.

11. Stratux

Layaknya sebuah radar, kreasi Raspberry Pi bernama Sratux ini merupakan proyek kreatif yang dapat membaca posisi sebuah pesawat terbang di sekitar Anda. Penasaran dengan cara membuatnya? Situs ITPro mengulasnya lebih lengkap.

12. Smart Home

Kini Anda dapat mengontrol setiap peralatan di rumah Anda hanya dalam satu genggaman, Raspberry Pi. Pembuatan aplikasi smart home dengan Raspberry Pi memungkinkan Anda untuk memonitor peralatan apapun di rumah anda dari jarak jauh. Anda dapat menghidupkan dan mematikan listrik, TV, lampu, kipas, AC, hingga menjadi pengganti kunci mobil dan motor hanya dengan Raspberry Pi.

13. Penerjemah kode Morse

Proyek lain yang tak kalah unik dari Raspberry Pi ialah, kemampuannya menjadi alat penerjemah kode morse. Seperti yang dilansir oleh Gizmodo, alat yang disebut Morse Code Transmitter ini mirip dengan alat penerjemah kode morse saat era perang dunia dahulu. Namun, tentunya dengan sedikit sentuhan modern.

Nah, itu tadi proyek-proyek yang dapat diciptakan oleh komputer mungil ini. Hebat bukan? Punya ide kreasi lain? Tulis di kolom komentar bawah ini ya.

Segera dapatkan Raspberry Pi 3 Model B Hanya di Ralali.com

Ralali.com merupakan B2B Marketplace yang bekerja sama dengan distributor resmi Raspberry Pi, element 14. Ralali.com menawarkan produk Raspberry Pi berkualitas dilengkapi dengan garansi resmi element 14 dengan harga yang terjamin kemurahannya. Penawaran terbatas hanya untuk bulan Oktober! Segera dapatkan Raspberry Pi 3 Model B Hanya di Ralali.com. Kunjungi www.ralali.com!

Featured Images: pixabay.com

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.