Bisnis Furniture Bisa di Jalankan Dengan Modal Minim, Begini Caranya

0
Bisnis Furniture
Image: agro.kemenperin.go.id

Bisnis furnitureSekarang ini semakin banyak pengusaha yang bermunculan, baik itu usaha berskala besar hingga usaha berskala kecil dan menengah (UKM). Tidak hanya usaha besar saja yang mengalami peningkatan yang cukup besar, namun usaha kecil menengah pun mengalami peningkatan.

Ketika ingin memulai sebuah usaha, calon pengusaha kerap mengalami kendala. Salah satunya ialah kurangnya modal awal untuk memulai bisnis tersebut. Mungkin Anda berpikir bahwa solusinya ialah meminjam uang dari bank ataupun mencari investor. Langkah tersebut memang dapat dilakukan, namun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Umumnya pihak bank dan investor bisnis akan menanyakan pengalaman bisnis Anda dan juga informasi lainnya yang tidak Anda miliki. Bagi yang mempunyai pengalaman bisnis sangat luas tentu hal ini sangatlah mudah, namun bagaimana dengan pengalaman bisnis yang masih kurang?

Memulai Usaha Furniture Minimalis

Apakah kekurangan modal menjadi penghambat untuk memulai bisnis? Tentu saja tidak. Kita dapat memulai bisnis walau dengan modal minim. Salah satu bisnis berpeluang besar dengan modal minim ialah bisnis furniture ataupun mebel. Furniture adalah perlengkapan rumah yang akan selalu dibutuhkan orang, sehingga bisnis furniture bisa menjadi pilihan yang menjanjikan.

Salah satu contoh sukses bisnis mebel atau furniture ialah Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia. Beliau menjalankan bisnis dari skala kecil, dan sekarang produk dari bisnis mebel yang dijalankannya dipasarkan ke lima benua. Walaupun begitu, batu halangan selalu ada, tapi bukankah semua bisnis berisiko ? begitu juga usaha mebel ini pastinya selain menguntungkan juga resikonya lumayan tinggi.

Bisnis Furniture Tanpa Modal

Berapa sih modal usaha untuk memulai bisnis mebel ini ? kisaran modal minimnya adalah 50juta, apabila berencana ingin memulai bisnis mebel namun mempunyai modal yang minim,  anda bisa memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar kita untuk memaksimalkan usaha yang akan dijalankan. Tapi jika anda tidak punya modal tapi ingin mendapatkan penghasilan dari furniture, anda bisa menjadi broker atau makelar furniture. Caranya anda cari furniture yang sedang trend di daerah anda, untuk barangnya anda bisa lihat di listing furniture di Ralali.com. Kemudian anda bisa menawarkan ke tetangga, atau lingkungan sekitar anda dengan margin atau harga yang sudah anda markup.

Misalnya dari segi tempat usaha, untuk tempat usaha ini kita tidak perlu sewa tempat. Kita bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha. Biaya sewa bisa kita manfaatkan untuk keperluan lainnya.

Kemudian dari segi peralatan, dalam bisnis furniture minimal peralatan yang harus dimiliki yaitu gerinda, router, dan planer. Total pembelian seluruh peralatan sekitar Rp 2.866.000. Apabila ingin membuka usaha furniture dengan modal kecil, dalam hal peralatan ini sebaiknya belilah peralatan dengan harga terjangkau namun berkualitas.

Prospek Usaha Mebel

Potensi yang didapatkan memulai usaha mebel ini terbilang besar, karena basket size atau unit price nya rata-rata di atas 1 juta rupiah, dengan margin 10% saja anda bisa mendapatkan keuntungan minimal 100 ribu sampai jutaan rupiah.

Berikut beberapa kategori furniture di Ralali yang bisa anda garap untuk usaha sampingan di tempat anda.

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.