Resep Sambal Matah Nikmat yang Bisa Bikin Keuntungan Berlipat

0

Bagi kebanyakan orang Indonesia tak lengkap rasanya jika menyantap lauk pauk tanpa sentuhan sambal, dan bisa dibilang Indonesia adalah salah satu negara pecinta makanan pedas terbanyak di dunia. Tak hanya itu saja, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sajian pedas dan sambal yang memiliki ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah sambal matah yang populer di kalangan masyarakat. Sambal matah sering menjadi santapan orang Indonesia sehingga dapat dikatakan sulit untuk menemukan resep sambal matah yang betul nikmat, meskipun saat ini sudah banyak sumber resep seperti di Youtube.

Jejak Awal Sambal Matah dan Teman Hidangannya!

Bila berbicara sejarah, sambal matah merupakan sambal khas dari Bali. Secara asal muasalnya, sambal matah berasal dari tradisi masyarakat Bali di desa-desa yang biasa menyantap makanan mentah yang dicampur bumbu mentah pula. Cara ini dilakukan karena praktis dan menghemat waktu, apalagi untuk ritual adat atau upacara keagamaan yang menuntut harus cepat dalam persiapannya. Maka dari itu lah, menjadi keunikan tersendiri apabila kita bisa menemukan resep sambal matah Bali yang autentik dan langsung asli dari asalnya. Untuk menemukan itu, sebetulnya bisa kita usahakan dengan menemukan bahan sambal matah yang tepat agar bisa punya rasa yang nikmat.

Bersamaan dengan itu, sambal matah dari dulu memang sudah punya teman menu di sampingnya. Artinya, berbagai macam kuliner khas Indonesia, bisa saja di sampingnya terdapat sambal matah. Itu karena sambal matah dapat cocok dengan berbagai macam makanan. Saat ini, terdapat kuliner khas Indonesia yang cocok dengan sambal matah, yaitu ayam geprek sambal matah, ayam suwir sambal matah, dori sambal matah, cumi sambal matah, bahkan hingga indomie sambal matah. Sangat bermacam-macam kan? Makanya itu penting untuk mengetahui cara membuat sambal matah ini supaya menghasilkan rasa yang joss! Setelah tau cara membuatnya, baru Anda bisa mengakui kalo masakan Anda adalah resep sambal matah Bali terbaik!

Sambal dengan cita rasa tinggi, yang merupakan hasil perpaduan dari berbagai bumbu dan rempah-rempah memang rasanya sulit dilupakan. Nah, kalau Anda penggemar berat sambal ini, sekarang Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke Bali. Karena Anda bisa membuat resep sambal matah sendiri untuk pelengkap sajian di meja makan, maupun ide bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan berlipat.

Mengapa disebut Sambal Matah?

Sambal matah memiliki nama yang unik dan menimbulkan pertanyaan bagi banyak orang, kenapa dinamakan demikian? Apa makna di balik nama tersebut? Jadi begini, matah dalam bahasa Bali memiliki arti mentah atau belum dimasak. Sambal matah memang dikenal sebagai sambal mentah khas Bali, dimana bahan-bahannya tidak dimasak terlebih dahulu, melainkan diulek kasar dan disajikan. 

Tradisi masyarakat Bali zaman dulu yang sering menyantap makanan mentah atau yang belum dimasak mendorong terciptanya sambal unik ini. Mereka biasa menikmati sayuran, buah, atau lauk pauk mentah yang dicampur bumbu kasar. Kata “matah” sendiri berasal dari bahasa Bali yang bermakna “mentah”. Oleh karena bahan-bahannya tidak dimasak dan hanya diulek, maka sambal ini kemudian diberi nama sambal matah yang berarti sambal mentah. 

Penamaan itulah yang membuat sambal matah unik dan mudah dikenali. Orang langsung bisa mengetahui ciri khasnya hanya dari namanya saja, yaitu sambal dengan tekstur kasar dan bahan-bahan mentah khas Bali. Itulah makna di balik nama sambal matah yang sangat sesuai dengan ciri khasnya. Penamaan tersebut juga semakin mempopulerkan sambal matah sebagai ikon kuliner dari Pulau Dewata yang wajib dicoba wisatawan.

resep sambal matah
flickr.com | Alpha

Bahan Sambal Matah dan Ciri Khasnya

Bahan sambal matah yang utama adalah cabai rawit merah segar, bawang merah, terasi bakar, jeruk limau atau jeruk nipis, garam, gula pasir, minyak kelapa, dan kadang ditambah dengan udang rebon, daun kemangi, atau bunga kecombrang. Semua bahan dicampur jadi satu kemudian diulek kasar dan tidak terlalu halus. Nah dari sanalah tercipta resep sambal yang mutakhir hingga menghasilkan ciri khas tersendiri.

Ciri khas sambal matah yang membedakannya dengan sambal lainnya adalah punya rasa segar dari jeruk nipis dan wangi dari daun kemangi dan bunga kecombrang. Tekstur sambal matah juga tidak terlalu halus karena hanya diulek sedikit. Rasa pedas, asam, dan wangi bercampur dengan harmonis di lidah. Mungkin dari ciri khas tersebut, Anda jadi penasaran bagaimana sih resep sambal matah yang populer itu? Yuk kita simak sampai selesai!

Ini Resep Sambal Matah Bali

Dasar Bahan Sambal Matah

  • 3 siung bawang merah
  • 2 batang serai, di ambil bagian putihnya saja lalu cincang halus
  • 7 buah cabai rawit
  • 5 buah cabai keriting
  • 3 buah cabai hijau
  • 1 buah tomat
  • Cooking Oil
  • Minyak kelapa
  • 1 buah jeruk nipis atau lemon
  • Terasi Bakar
  • Garam
  • Gula

Cara Membuat Sambal Matah

resep sambal matah
freepik.com | Sri Widyowati
  1. Mulai dari tahapan paling pertama, cara buat sambal matah paling dasar adalah ambil terasi secukupnya lalu bakar di atas api, hingga tercium aroma harum. Satu tips yang harus Anda ingat. Jika Anda mau, Anda dapat menggunakan terasi bakar yang sudah beredar di pasaran, atau Anda dapat mengolahnya sendiri dengan teknik bakar maupun sangrai (teknik menggoreng tanpa minyak)
  2. Tuang minyak secukupnya ke dalam wajan dan tunggu hingga panas. Setelah itu, masukan semua bahan satu-persatu, hingga tercium aroma harum. Lalu, setelah semua bahan sudah tercampur, tambahkan rasa garam maupun gula sesuai selera.
  3. Jangan lupa untuk menambahkan minyak kelapa yang sudah dipanaskan ke dalam sambal yang sudah di goreng. 
  4. Tambahkan air perasan jeruk nipis agar rasa sambal lebih segar.
  5. Terakhir aduk rata semua bahan dan sambal siap disajikan.

Dari sinilah resep sambal matah paling dasar yang dapat Anda coba. Di luar terdapatnya resep sambal matah Bali yang terkesan eksklusif, Anda dapat mencoba yang sederhananya terlebih dahulu. Di samping cara membuat dan bahan sambal matah yang lebih sederhana, tutorial tersebut bisa dikatakan sebagai “resep sambal matah rumahan” yang dapat Anda coba,

Tips Menyimpan Sambal Matah Agar Lebih Tahan Lama

Jika ingin memiliki sambal matah tahan lama tanpa merubah rasa, Anda bisa menggoreng sambal matah dengan jumlah minyak yang lebih banyak dan simpan sambal bersama minyak tersebut. Hal kecil seperti ini akan lebih menampakkan jika diri Anda punya resep sambal matah Bali, yang mana hal tersebut lebih spesial. Sudah pasti, dari segi pengolahannya saja berbeda, apalagi dengan cara menyimpan sambal matah seperti ini. Rasanya, tips ini telah banyak dilakukan oleh masyarakat Bali saat memasak sambal matah.

Kesimpulan

Nah, membuat sambal matah ternyata mudah bukan? Nikmat banget untuk melengkapi sajian di meja makan Anda, apalagi jika Anda sudah paham resep sambal matah, pasti bakal lebih mantap! Lebih mantap lagi apabila Anda punya niatan untuk menelusuri langsung ke Bali mengenai asal muasal sambal matah ini sehingga Anda bisa mendapatkan langsung resep sambal matah Bali, dari sumbernya secara langsung! Menarik bukan? Di samping itu, pastinya sambal matah juga potensial untuk dijadikan ide bisnis rumahan, dengan keuntungan yang berlipat.

Setelah kita paham soal sambal matah, kalian pernah kepikiran ga, mungkin ga sambal seperti ini bertahan lama di suhu yang relatif standar? Oke, mungkin admin bisa rekomendasiin Anda semua untuk lihat cara produksi Kokikit, yaitu produk instant rice dengan lauknya, yang mempunyai keunggulan tahan lama, dengan basic Food Technology. Jadi salah satu hal baru bukan? Coba deh kepoin websitenya di Kokikit.com.

Mungkin dari sana Anda tertarik buat kerja sama mereka? Bisa saja kan, apalagi mereka bisa melakukan customize menu seperti sambal matah ini. Oke mungkin itu aja dari admin, semoga info ini bermanfaat yaa! Ciao!

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.