Bisnis Kedai Kopi, Lebih Untung Waralaba atau Usaha Sendiri ?

0

Konsumsi kopi
Source: Kejutaninternet

Meningkatnya persentase penggemar kopi di tanah air membuat kopi menjadi ide usaha yang menarik. Mulai dari black coffee, espresso hingga latte yang sudah dimodifikasi dan dijual dengan packaging yang menarik.

Harganya sendiri bisa dibilang relatif mahal jika dibandingkan dengan kopi sachet yang dijual di warung atau di rumah. Bayangkan jika kita bisa membeli biji kopi mulai dari 100.000 ribu untuk dibuat beberapa kali minum. Sedangkan di mal segelas kopi dibandrol dengan harga 18.000 ribu rupiah hingga 35.000 sesuai dengan ukuran dan jenis kopi yang digunakan. Terbilang mahal bukan? tapi lucunya kopi ini tetap viral dan laku di pasaran.

Melihat boomingnya bisnis kopi ini, tentunya ini bisa menjadi peluang untuk menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Tapi buat kamu yang bingung mau memulainya dengan franchise atau usaha sendiri, mending cek dulu kelebihan dan kelemahannya kalau usaha sendiri atau franchise brand terkenal. 

Waralaba

Bisnis waralaba
Source: PanduanWaralaba.com

Salah satu cara brand ternama untuk memperbesar kapasitas mereka adalah dengan menjual brand mereka kepada pihak ketiga, dengan catatan urusan manajemen yang ada tetap dilakukan secara sentralisasi.

Cara ini sendiri sering dipilih oleh beberapa orang yang memiliki bisnis besar dengan cara yang mudah, sebutkanlah Mc Donalds, KFC, Startbucks, HokBen, A&W. Merk yang baru disebutkan  barusan adalah brand dari luar negeri. Namun dengan adanya sistem waralaba yang dilakukan oleh beberapa pihak, produk tersebut bisa sampai ke tangan konsumen Indonesia. 

Tidak hanya brand-brand terkenal luar negeri loh, tapi usaha kopi di Indonesia yang semakin laris ini juga mengembangkan merk dagang mereka ke berbagai daerah contohnya ; Kopi Kenangan, Kopi Janji Jiwa, Kopi Kulo, dan masih banyak lagi. Untuk harga yang ditawarkan sendiri sangat bervariasi tergantung dengan viralnya brand tersebut dan banyaknya waralaba yang mereka miliki.

Namun sebelum kamu memutuskan untuk membuka gerai franchise, simak dulu keuntungan memilih waralaba kedai kopi berikut ini!

memulai usaha bisnis coffee shop
memulai usaha bisnis coffee shop
  • Kamu tidak perlu lagi membangun brand image dari awal lagi karena sudah terbangung sejak awal merk dagang itu berdiri.
  • Resep sudah paten sehingga jadi kamu tidak perlu mencari rasa dan racikan yang tepat untuk membuat produk dengan rasa yang tepat. 
  • Untuk urusan management perusahaan seperti training karyawan dan lainnya sudah disediakan jadi nggak perlu pusing lagi deh.
  • Belajar bekerja sama dengan beberapa orang seperti supplier dan relatif bisnis lainnya.  

Entrepreuner

coffeeshop
coffeeshop

Sebuah langkah yang baik jika kamu memilih ingin menjadi entrepreneur. Mengingat pengkonsumsi kopi yang semakin meningkat jumlahnya. Namun sebelum akhirnya memutuskan untuk membuka kedai kopi sendiri, cek dulu yuk apa saja sih keuntungannya kalau kamu mempunyai brand sendiri

  • Besarnya peluang untuk menjadi brand-setter atau franchisor di masa mendatang
  • Kamu bisa memodifikasi varian kopi atau mencetuskan ide-ide yang kamu punya dalam bisnis kopi ini.
  • Keuntungan 100% adalah milik kamu ( tapi ingat, begitupun risikonya yah)
  • Mempunyai hak sepenuhnya untuk mengatur usaha 

Nah itu tadi keuntungan waralaba dan keuntungan Membuka usaha sendiri, keduanya sama-sama mempunyai kekurangan dan kelebihan di sisi yang berbeda, hanya tergantung kamu yang mana yang lebih ingin kamu implementasikan untuk bisnis kamu. Semangat!

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar