Cara Membangun Sirkuit Elektronik Sederhana

0

Cara Membangun Sirkuit Elektronik Sederhana ~ Ralali News. Jika Anda tertarik dalam memahami sirkuit elektronik, salah satu cara terbaik untuk belajar tentang elektronik adalah untuk membangun sebuah rangkaian sederhana. Rangkaian sederhana ini hanya terdiri dari tiga komponen: baterai 9 V, dioda pemancar cahaya (LED), dan resistor. Tidak hanya akan Anda belajar sesuatu tentang membangun sirkuit, tetapi Anda juga bisa Anda menyelesaikan sirkuit ini untuk berlatih menggunakan multimeter anda, karena nantinya akan sering digunakan untuk pengecekan jadi disarankan untuk mem beli digital multimeter agar lebih akurat hasil pengukurannya.

Cara Membangun Sirkuit Elektronik Sederhana

Berikut adalah skema untuk sirkuit ini:

Anda dapat membangun sirkuit ini pada papan tempat memotong roti solderless. Anda akan membutuhkan bagian-bagian berikut :

  • Alat solder kecil
  • 470 Ω, 1/4 W resistor
  • Red LED, 5 mm
  • 9 V konektor sekejap baterai
  • Baterai 9 V
  • Panjang pendek kawat jumper ( 1 " atau kurang )

Berikut adalah langkah-langkah untuk membangun sirkuit ini :

  • Hubungkan konektor baterai sekejap.

Cara Membangun Sirkuit Elektronik Sederhana2

Masukkan ujung merah di atas bus strip dan timah hitam di bus jalur bawah, tapi masuk akal untuk menghubungkan baterai di bagian paling ujung papan tempat memotong roti.

Hubungkan resistor.

Masukkan salah satu ujung resistor ke setiap lubang di bus jalur bawah. Kemudian, pilih baris dalam strip terminal terdekat dan masukkan ujung lainnya ke dalam lubang dalam strip terminal.

Hubungkan LED.

Pada pemahaman kali ini yang bertemakan Cara Membangun Sirkuit Elektronik Sederhana coba perhatikan bahwa lead dari LED tidak sama panjang ; satu memimpin lebih pendek dari yang lain. Masukkan pendek memimpin ke dalam lubang di bagian atas bus strip, dan kemudian masukkan lagi mengarah ke lubang di strip terminal terdekat.

  • Masukkan LED ke dalam baris yang sama dengan resistor. Kedua LED dan resistor adalah berturut-turut 26.
  • Gunakan kawat jumper pendek untuk menghubungkan strip terminal di mana Anda memasukkan LED dan resistor.
  • Kabel jumper akan melompati celah yang berjalan di tengah papan tempat memotong roti.
  • Hubungkan baterai ke konektor sekejap.

LED akan menyala. Jika tidak, periksa koneksi Anda untuk memastikan rangkaian dirakit dengan benar. Jika masih tidak menyala, coba membalikkan lead dari LED (Anda mungkin telah dimasukkan ke belakang ). Jika itu tidak berhasil, cobalah baterai yang berbeda. Maka Cara Membangun Sirkuit Elektronik Sederhana memang benar sederhana tentunya didasari pengetahuan yang mencukupi setidaknya tentang elektronika.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.