5 Penyebab Aki Kendaraan Anda Cepat Tekor

0
5 Penyebab Aki Cepat Tekor
Image: nl.wikihow.com

Baterai atau biasa disebut aki mempunyai peran yang sangat penting pada kendaraan. Jika komponen tersebut tak berfungsi dengan baik, maka kendaraan pun akan sulit di starter.

Fungsi utama dari aki ialah sebagai penyuplai kelistrikan, seperti elektrik starter, klakson, lampu dan lainnya. Apabila aki kendaraan tekor ataupun tidak seimbang antara pemasukan beserta pengeluaran daya listrik maka akan menyebabkan sejumlah sistem kelistrikan pada kendaraan tak berfungsi dengan normal.

Baca: Agar Aki Awet Tidak Hanya Karena Pemakaian dan perawatan Saja, Lakukan Hal ini

Banyak hal yang menyebabkan aki cepat tekor, antara lain sebagai berikut.

5 Penyebab Aki Cepat Tekor

1. Klakson

Penyebab pertama yaitu karena pemasangan klakson yang tak sesuai dengan keadaan tenaga yang ada pada baterai. Biasanya hal ini banyak ditemukan pada kendaraan sepeda motor. Mengganti klakson yang tidak sesuai sangat tidak dianjurkan sebab klakson salah satu komponen yang memerlukan suplai listrik cukup besar.

2. Kiprok Rusak

Apabila kiprok mengalami kerusakan maka akan berimbas kepada aki. Aki akan mengalami overcharging ataupun sebaliknya. Lakukanlah pengecekan, apakah pengisian normal atau tidak. Dengan cara apa? Caranya yaitu dengan cara apa menghidupkan mesin kendaraan antara 4000 – 5000 RPM, setelah itu periksalah tegangan pengisian. Tegangan pengisian yang bagus menunjukkan angka 14-15 volt.

Rekomendasi untuk dibaca: Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Ngedrop

3. Bore Up

Bore Up pun bisa mengakibatkan aki cepat tekor. Biasanya hal ini sering ditemukan pada kendaraan sepeda motor. Mengapa bore uap menyebabkan aki cepat tekor? Umumnya keranda tidak diikuti upgrade elektrik starter. Dikarenakan kompresi tinggi, maka elektrik starter sangat berat untuk memutarkan mesin. Apabila terus dipaksakan maka aki bisa tekor.

4. Lampu HID

Memasang lampu HID bisa menyebabkan aki cepat tekor, sebab lampu HID memerlukan daya listrik yang besar. Apabila tak disesuaikan dengan spul pengisian, maka aki cepat tekor.

5. Stop Lamp

Penyebab aki cepat tekor selanjutnya ialah stop lamp yang menyala terus walaupun tuas rem tak ditekan. Jika tidak segera ditangani, maka arus listrik dari aki akan mengalir terus. Adapun penyebabnya karena switch rem yang mengalami kerusakan.

Periksalah secara rutin kondisi aki kendaraan Anda. Jangan sesekali memodifikasi kendaraan yang bisa membuat beban baterai cepat terkuras. Jikalau melakukan modifikasi, maka hitunglah dengan benar keluar dan masuknya daya listrik yang ada.

Untuk melihat bermacam pelumas mesin, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual aki mobil berkualitas dengan varian merk, tipe, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, selain aki mobil, Ralali.com pun jual aki motor.

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar