Daur Ulang Sampah B3, Manfaat, Proses, dan Contohnya

0

Salah satu bagaimana proses pengolahan dari limbah B3 adalah dengan melakukan daur ulang atau recycle. Daur ulang sampah B3 adalah proses mengubah bahan limbah, yang biasanya akan dibuang, menjadi bahan dan benda baru. Hal ini memang menjadi salah satu bagaimana caranya untuk pengolahan limbah B3 agar semuanya tidak terbuang sia-sia dan menjadikan sampah B3 mencemari lingkungan dengan masif.

Melakukan daur ulang sampah B3 memiliki berbagai manfaat yang penting bagi lingkungan dan juga manusia. Namun, proses yang dilakukan memang tidak mudah, harus melalui berbagai proses. Bagaimana itu? Mari kita cari tahu!

Manfaat Recycle Sampah B3

Mendaur ulang limbah mengurangi jumlah bahan berbahaya yang dihasilkan dan mengurangi penggunaan energi, sehingga bermanfaat bagi lingkungan. Recycle memiliki sangat banyak manfaat lainnya, diantaranya:

  1. Mengurangi Penggunaan SDA (Sumber Daya Alam)
    Pada proses recycle yang paling penting adalah dengan melakukan pengurangan penggunaan sumber daya alam. Hal ini berkaitan dengan pengurangan bahan baku yang berasal dari tambang, hutan, dan juga laut.
  1. Mengurangi Timbulan Sampah
    Proses daur ulang membantu mengurangi pencemaran dan kerusakan lingkungan dengan mengurangi jumlah sampah anorganik yang berakhir di tempat pembuangan akhir atau mencemari lingkungan.
  1. Mengurangi Biaya Produksi
    Dengan menggunakan bahan baku yang didaur ulang, proses daur ulang dapat mengurangi biaya produksi yang terkait dengan pengadaan bahan baku baru yang mahal. Dalam hal ini, daur ulang juga memiliki potensi untuk menjadi sumber penghasilan tambahan.
  1. Menciptakan Peluang Kerja
    Proses daur ulang dapat menciptakan peluang kerja bagi masyarakat yang terlibat dalam proses tersebut. Pekerjaan dalam industri daur ulang meliputi pengumpulan, pemilahan, pengolahan, dan penjualan hasil olahan limbah, memberikan manfaat ekonomi dan kesempatan kerja bagi individu dan komunitas setempat.

Proses Daur Ulang Sampah B3

Pada saat daur ulang, tentu saja harus ada proses panjang yang harus dilalui untuk selanjutnya sampah B3 tersebut bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat lainnya dengan mengambil beberapa bahan yang ada pada sampah B3 tersebut.

Untuk proses daur ulang sampah B3 adalah sebagai berikut:

  1. Pemilahan
    Lakukan pemisahan antara material yang dapat didaur ulang dengan yang harus dibuang ke tempat pembuangan sampah. Pisahkan berdasarkan jenis materialnya, seperti sampah dapur rumah tangga, kertas, plastik, dan lainnya.
  1. Penyimpanan
    Simpan material yang telah dipisahkan secara kering dalam kotak yang tertutup. Pastikan setiap kotak hanya berisi satu jenis material tertentu, misalnya kertas bekas atau botol bekas. Jika akan membuat kompos, tempatkan sampah rumah tangga yang dapat dikompos di lokasi yang ditentukan.
  1. Pengiriman atau Penjualan
    Kirimkan atau jual barang-barang bekas yang telah terkumpul ke pabrik-pabrik pengolahan atau lakukan pengolahan sendiri dalam skala industri rumahan. Namun, perlu diperhatikan bahwa proses daur ulang rumahan umumnya terbatas pada produk plastik tipis seperti bungkus makanan dan pembuatan kompos.

Contoh Daur Ulang Sampah B3

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham tentang daur ulang dari sampah B3 itu seperti apa? Namun, dalam proses tersebut apa saja yang bisa di daur ulang? Apakah semua sampah B3 bisa dilakukan daur ulang? Tentu saja tidak.

Ada beberapa yang bisa di daur ulang dari sampah B3 apa saja itu?

Limbah Cat Jadi Paving Block

Yang pertama adalah pemanfaatan limbah menjadi paving block. Ini merupakan terobosan terbaru yaitu mengambil spent catalyst yang ada pada limbah cat sebagai campuran paving block.

Recycle Logam

Selanjutnya adalah recycle untuk pengambilan logam yang ada pada sampah B3 untuk selanjutnya dileburkan dan mencari cairan logam yang bisa dimanfaatkan dengan pencetakan ulang.

Recycle Kaca

Masih sama seperti logam, kaca akan di daur ulang dengan dibagi menjadi serpihan kecil dan dileburkan untuk dibentuk menjadi kaca yang baru.

Tekstil dari Sampah Plastik

Sampah plastik adalah yang paling banyak sampai sekarang ini. Tapi dengan peleburan sampah plastik ternyata bisa dimanfaatkan kembali menjadi berbagai barang dengan bahan plastik yang baru dan aman digunakan.

Pakaian dan Sepatu dari Sampah Plastik

Siapa sangka jika serpihan sampah bisa menjadi pakaian dan juga sepatu? Ini adalah terobosan yang sangat bagus, karena pada dasarnya pakaian dan sepatu adalah barang yang digunakan jangka panjang.

Limbah Sampah Jadi Bahan Bakar PLTU

Dan terakhir, ternyata limbah sampah bisa menjadi bahan bakar di PLTU. Jadi, dengan proses pemanasan dari berbagai sampah, menghasilkan uap yang bisa digunakan untuk dijadikan sumber energi listrik.

Kesimpulan

Sebenarnya daur ulang sampah B3 memang menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan. Dengan banyaknya jenis sampah, ternyata pemanfaatan sampah b3 bisa menjadi barang yang bermanfaat daripada membuangnya sia-sia yang dapat mencemari lingkungan.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.