Apa itu Jangka Sorong dan Untuk Apa Fungsinya ?

1
Fungsi jangka sorong jual jangka sorong
Image: learn.adafruit.com

Fungsi jangka sorong ialah untuk mengukur suatu benda dengan tingkat ketelitiannya menjangkau 1/100 milimeter. Dengan memakai jangka sorong, maka kita bisa mengetahui dengan pasti ukuran suatu benda.

Sewaktu ingin mengukur benda melalui sisi luar, maka yang harus dilakukan adalah mengapitkan benda tersebut, dengan begitu ukuran yang dimiliki benda akan diketahui dengan jelas. Ukuran yang akan ditunjukkan skala pengukuran pada jangka sorong adalah akal utama dan skala nonius. Pada skala utamanya akan menunjukkan ukuran asli benda yang diukur sedangkan skala nonius menujukan ukuran yang lebih mendetail.

Baca: Beragam Cara Menggunakan Jangka Sorong

Fungsi jangka sorong lainnya ialah untuk mengukur diameter bagian dalam suatu benda. Tentunya benda yang memiliki diameter adalah benda yang berbentuk bulat atau bola serta elips.

Fungsi Jangka Sorong selanjutnya adalah untuk mengukur diameter dalam pada suatu benda. Tentunya benda- benda yang mempunyai diameter ialah benda yang berbentuk bulat ataupun bola dan elips. Hanya dengan cara menjepitkan lengan capit jangka sorong pada benda tersebut secara tepat maka ukuran yang dimiliki benda akan tertera dengan jelas dan tepat . Skala utama pada jangka sorong akan menunjukkan ukuran real benda tersebut dan skala nonius akan menunjukkan ukuran yang lebih detail. Ukuran sebenarnya adalah jumlah kedua ukuran yang ditunjukkan oleh skala- skala tersebut. Dengan demikian anda akan mendapatkan ukuran diameter dari sebuah benda secara jelas dan rinci.

Fungsi jangka sorong yang lainnya adalah sebagai alat ukur ketebalan atau kedalaman suatu benda. Ukuran yang detail akan selalu ditunjukkan oleh jangka sorong melalui garis skalanya. Dalam pengukuran ketebalan dan kedalaman anda hanya harus mengapitkan lengan pengukur pada benda tersebut. Benda yang diukur biasanya berupa piston atau silinder yang akan digunakan menjadi salah satu partikel mesin. Jangka sorong juga bisa digunakan untuk mengukur ketebalan lensa optik secara tepat. Besaran yang memiliki skala tertentu pada jangka sorong akan menunjukkan ukuran benda- benda tersebut secara rinci atau detail. Dengan adanya jangka sorong maka ketepatan ukuran dalam mengaplikasikan suatu benda akan terwujud.

Untuk melihat berbagai jangka sorong dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual jangka sorong dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
1 Komen
  1. Khafidurrasyd berkata

    Sangat Membantu Kak
    Terimakasih

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.