Cara Kalibrasi Kapasitor dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Kapasitor Terakreditasi

0

Kapasitansi dinyatakan sebagai rasio muatan listrik pada setiap konduktor dengan perbedaan potensial (yaitu tegangan) di antara keduanya. Nilai kapasitansi kapasitor diukur dalam farad (F). Farad adalah jumlah kapasitansi yang besar. Tentu saja, kapasitor yang menjadi alat di sini akan sangat penting untuk memberikan pengukuran yang tepat untuk keamanan komponen kelistrikan. Maka dari itu, dibutuhkanlah yang namanya kalibrasi.

Kalibrasi kapasitor variabel tersebut dapat dilakukan dengan cukup efektif dengan metode step-up yang menggunakan standar tetap atau standar kapasitansi. Jadi, bagaimana cara kalibrasi kapasitor? Mari kita cari tahu!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Kapasitor

Kalibrasi memang sangat penting untuk membuktikan bahwa sebuah instrumen bisa bekerja dengan baik dan juga akurat. Akan tetapi, walaupun memang terdengar sangat mudah, kalibrasi ini tentunya ada cara sendiri yang sudah sesuai dengan prosedur.

Dalam kalibrasi kapasitor, ada standar acuan, metode, dan juga cara kalibrasi kapasitor yang benar dan juga sesuai dengan standar.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Kapasitor

Kalibrasi untuk kapasitor akan menggunakan standar acuan kapasitansi. Ini adalah pengukuran secara internasional yang sudah ditetapkan oleh SI (Satuan Internasional). Dengan mengukur standar tersebut, kapasitor akan dilakukan dengan satuan frad dari tegangan 100Hz sampai 100kHz dan 100 Hz sampai 10 kHz.

Untuk metodenya sendiri, yang ditetapkan oleh standar internasional dan juga nasional adalah IK-KL-LS27 dengan metode pengukuran langsung.

Prosedur Cara Kalibrasi Kapasitor

Setelah mengerti standar acuan serta metode dari kalibrasi kapasitor, sekarang kita beranjak ke bagaimana cara kalibrasi kapasitor yang sesuai dengan prosedur. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan kapasitor yang sudah dibersihkan dan juga alat kalibrasi yang akan berguna untuk membantu dalam kalibrasinya.
  2. Cari nilai kalibrasi dengan menggunakan standar acuan dan juga metode yang sudah tersedia. Pencarian ini bisa dibagi menjadi dua.
  • Kapasitor – f : 100Hz ~ 100kHz dengan rentang ukur:
    • 0.01pF ~ 10pF
    • 11pF ~ 100pF
    • 0.1nF ~ 1 nF
    • 1.1nF ~ 10nF
  • Kapasitor – f : 100Hz ~ 10kH dengan rentang ukur 11nF ~ 100nF dan 0.11μF ~ 1μF
  1. Setelah itu, apabila memang ada ketidakpastian dari proses kalibrasinya, maka akan disesuaikan pengukuran dari kapasitor tersebut.
  2. Catat berbagai faktor ketidakpastian kalibrasi yang bisa saja terjadi selama proses kalibrasi kapasitor berlangsung.
  3. Terakhir, dokumentasikan seluruh proses kalibrasi kapasitor untuk pembuatan laporan hasil kalibrasi.

Frekuensi Kalibrasi untuk Kapasitor

Bagaimana dengan frekuensinya? Kalibrasi kapasitor sebenarnya akan dilakukan dengan interval 12 bulan sekali. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang membuat kapasitor harus dilaksanakan kalibrasi lebih awal.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa melakukan konsultasi terkait frekuensi kalibrasi kapasitor dengan klik banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Jika Anda merasa bingung dengan cara kalibrasi kapasitor yang rumit, tidak perlu khawatir. Anda dapat mempercayakan proses kalibrasi tersebut kepada jasa kalibrasi kapasitor, karena mereka memberikan berbagai keuntungan.

Apa saja keuntungan dari menggunakan jasa kalibrasi dibandingkan melakukan kalibrasi sendiri?

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Jasa kalibrasi akan melakukan kalibrasi dengan tertelusur dan sesuai standar yang berlaku. Hasil kalibrasi pun dapat dipercaya dan akurat, baik untuk Anda maupun konsumen.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Keuntungan lainnya adalah Anda akan menerima sertifikat kalibrasi yang menyatakan bahwa kapasitor milik Anda telah dikalibrasi dengan benar dan akurat. Sertifikat ini berfungsi sebagai bukti kepatuhan dan keandalan alat dalam proses pengukuran.

Layanan Jasa Kalibrasi Kapasitor Terakreditasi KAN

Sedang mencari di mana Anda bisa mendapatkan jasa kalibrasi kapasitor terpercaya dan juga bisa diandalkan? Maka jawabannya adalah Kalibrasi.com! Kalibrasi memang menjadi kepentingan yang sangat bagus, akan tetapi inilah yang memberikan kapasitor menjadi akurat.

Kalibrasi.com dan juga semua mitranya sudah mendapatkan akreditasi dari KAN (Komite Akreditasi Nasional) yang memberikan kalibrasi sesuai dengan standar.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Kapasitor di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang sangat luas. Ini bisa terbukti dengan berbagai mitranya yang bisa memberikan kalibrasi di berbagai ruang lingkup. Untuk ruang lingkup kelistrikan, Kalibrasi.com memiliki mitra yang kompeten seperti:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia
  • PT Mutuagung Lestari
  • PT. Mandiri Transforma Global

Kelebihan Jasa Kalibrasi Kapasitor dari Kalibrasi.com

Kalibrasi.com bisa memberikan kepada Anda jasa kalibrasi kapasitor yang sangat menguntungkan. Terdapat berbagai kelebihan di antaranya:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Tertarik dengan menggunakan jasa kalibrasi kapasitor? Anda bisa mengisi form penawaran kalibrasi di bawah ini dan dapatkan keuntungan menarik lainnya!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.