Cara Kalibrasi Power Meter dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Power Meter Terakreditasi

0

Power meter atau yang lebih familiar dengan meteran listrik, atau meteran energi, adalah perangkat yang mengukur jumlah energi listrik yang dikonsumsi oleh gedung, ruang penyewa, atau peralatan bertenaga listrik.

Utilitas listrik menggunakan meteran listrik yang dipasang di tempat pelanggan untuk mengukur energi listrik yang dikirim ke pelanggan mereka untuk tujuan penagihan. Mereka biasanya dikalibrasi dalam unit penagihan, yang paling umum adalah jam kilowatt [kWh]. Mereka biasanya dibaca sekali setiap periode penagihan.

Namun, untuk memberikan pengukuran yang akurat, kalibrasi akan dibutuhkan untuk power meter ini. Pertanyaannya, bagaimana cara kalibrasi power meter ini?

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Power Meter

Ketika penghematan energi selama periode tertentu diinginkan, beberapa meter dapat mengukur permintaan, penggunaan daya maksimum dalam beberapa interval. Pengukuran “waktu dalam sehari” memungkinkan tarif listrik diubah selama sehari, untuk mencatat penggunaan selama periode puncak, periode biaya tinggi, dan periode di luar puncak, periode biaya rendah. Selain itu, di beberapa area, power meter memiliki relay untuk pelepasan beban respons permintaan selama periode beban puncak.

Penggunaan tersebut harus dilakukan dengan benar dan juga dengan pengukuran yang benar juga. Dalam kalibrasi power meter, ada standar acuan, metode, dan juga cara kalibrasi power meter yang sesuai dengan standar KAN (Komite Akreditasi Nasional). 

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Power Meter

Kalibrasi untuk power meter akan menggunakan pengukuran dari arus AC dan juga DC dengan pengukuran f = 45 Hz sampai dengan 1 kHz. Selain itu, untuk metode kalibrasinya akan menggunakan IK-KAL-E 15 untuk power meter DC dan IK-KAL-E 14 untuk power meter AC.

Prosedur Cara Kalibrasi Power Meter

Setelah mengetahui standar acuan dan juga metode dari kalibrasi power meter, selanjutnya adalah pelaksanaan. Cara kalibrasi power meter yang sudah sesuai prosedur adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan Alat dan Peralatan: Pastikan Anda memiliki alat kalibrasi yang sesuai untuk power meter yang sesuai dengan proses kalibrasinya.
  2. Stabilkan Power Meter: Nyalakan power meter dan biarkan selama beberapa menit hingga mencapai kondisi operasional normal. Pastikan power meter berfungsi dengan stabil sebelum melanjutkan kalibrasi.
  3. Penyesuaian Nol: Tempatkan power meter pada lingkungan yang stabil dan atur alat ke nilai nol atau nol referensi menggunakan tombol atau pengatur yang sesuai.
  4. Pencarian Nilai Kalibrasi: Cari nilai kalibrasi dengan menggunakan standar acuan AC dan juga DC. Untuk rentang ukurnya adalah sebagai berikut:
  • Power meter AC:
    • 109 mW – 99 W
    • 36 W – 6 kW
    • 10 mW – 330 W
    • 330 W – 20 kW

Sedangkan untuk power meter DC adalah sebagai berikut.

  • Power meter DC:
    • 109 mW – 99 W
    • 99 W – 6 kW
    • 10 mW – 330 W
    • 330 W – 20 kW
  1. Verifikasi Hasil: Setelah kalibrasi selesai, lakukan verifikasi untuk memastikan hasil kalibrasi power meter. Pastikan ketepatan dan akurasi alat dalam mengukur daya dengan menggunakan pengukuran ketidakpastian kalibrasi.
  2. Dokumentasi: Catat semua langkah dan hasil dari proses kalibrasi power meter. Ini semua akan berguna untuk penerbitan hasil laporan kalibrasi power meter.

Frekuensi Kalibrasi untuk Power Meter

Kalibrasi pada power meter ini biasanya akan dilakukan selama 12 bulan sekali. Akan tetapi, ini tidak bisa menjadi patokan. Ada berbagai faktor kalibrasi yang menyebabkan faktor kalibrasi bisa menjadi lebih cepat.

Anda bisa klik banner di bawah ini untuk konsultasi terkait frekuensi kalibrasi untuk power meter.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Jika Anda merasa kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk melaksanakan kalibrasi power meter, jasa kalibrasi power meter adalah solusinya. Menggunakan jasa kalibrasi akan memberikan berbagai keuntungan, di antaranya:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Jasa kalibrasi terakreditasi KAN akan memberikan hasil kalibrasi yang tertelusur dan sesuai dengan standar yang berlaku, menjamin keakuratan pengukuran.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Anda akan mendapatkan sertifikat kalibrasi sebagai bukti bahwa power meter Anda telah dikalibrasi dengan akurat.

Layanan Jasa Kalibrasi Power Meter Terakreditasi KAN

Anda dapat dengan mudah mendapatkan jasa kalibrasi power meter melalui platform online Kalibrasi.com. Semua mitra Kalibrasi.com sudah terakreditasi oleh KAN, menjamin standar kompetensi yang tinggi.

Apa saja keuntungan dari Anda memilih Kalibrasi.com sebagai jasa kalibrasi power meter ini?

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Power Meter di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki mitra yang terakreditasi. Bahkan untuk ruang lingkup kelistrikan, Kalibrasi.com bekerja sama dengan berbagai laboratorium kalibrasi terakreditasi. Untuk pelaksanaan kalibrasi power meter akan dilansakanan di laboratorium kalibrasi berikut:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia
  • PT Mutuagung Lestari
  • PT. Mandiri Transforma Global

Kelebihan Jasa Kalibrasi Power Meter dari Kalibrasi.com

Tertarik dengan memilih Kalibrasi.com sebagai jasa kalibrasi power meter? Anda bisa mendapatkan beragam kelebihan seperti:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan 

Menguntungkan sekali bukan? Sekarang juga Anda bisa membuat penawaran kalibrasi power meter dengan mengisi form di bawah ini! Dapatkan keuntungan menarik lainnya yang menanti Anda!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.