Cara Kalibrasi Watt Meter dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Watt Meter Terbaik

0

Dalam dunia kelistrikan, banyak sekali jenis-jenis alat ukur listrik yang digunakan sebut saja watt meter. Watt meter sendiri merupakan penggabungan antara dua jenis alat ukur listrik yakni volt meter dan amperemeter. Sesuai dengan kegunaannya, watt meter ini digunakan sebagai alat ukur arus listrik dengan dua jenis baik searah ataupun bolak balik.

Seperti kebanyakan alat ukur listrik yang membutuhkan kalibrasi secara berkala maka watt meter ini juga perlu dikalibrasi, lalu bagaimana cara kalibrasi watt meter dan apakah ada jasa kalibrasi watt meter yang bisa mengerjakannya dengan standar yang benar? Mari kita simak artikel berikut ini.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Watt Meter

Perlu Anda ketahui bahwa kalibrasi adalah suatu prosedur yang cukup ketat dalam pengerjaannya. Yang mana cara kalibrasi watt meter ini harus sesuai dengan standar acuan dan juga metode kalibrasinya. Jika tidak maka sebagus-bagus pengerjaan kalibrasinya, maka hasilnya akan tidak sesuai dengan standar yang berlaku.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Watt Meter

Standar acuan ini bisa mengacu ke standar internasional yang mana sudah diakui oleh banyak pakar dan juga laboratorium. Yang mana standar acuan ini berisikan tentang bagaimana metode kalibrasi digunakan dan juga cara kalibrasi watt meternya. Untuk metode kalibrasi watt meter ini terbagi menjadi dua yakni tipe watt meter AC dan watt meter DC. Untuk metode kalibrasi watt meter AC yakni IK-KL – LS35 dengan rentang ukur 0.01 W ~ 1000 W, 1001 W ~ 10000 W. sedangkan watt meter tipe DC menggunakan metode IK-KL-LS34 (Metode Pengukuran Langsung)dengan rentang ukur 0 W ~ 10000 W yang sesuai dengan standarisasi dari KAN.

Prosedur Cara Kalibrasi Watt Meter

Dalam melakukan cara kalibrasi watt meter terdiri dari beberapa tahapan sebagai berikut .

  • Persiapan adalah tahapan persiapan alat yang akan dikalibrasi. Watt meter perlu diperiksa kondisi fisiknya dan memastikan bahwa alat tersebut berada dalam keadaan baik. Selain itu, lingkungan tempat kalibrasi perlu diatur dengan stabil dan sesuai agar mendapatkan hasil pengukuran yang akurat.
  • Pelaksanaan, Setelah tahap persiapan, lanjutkan dengan tahap pelaksanaan kalibrasi. Pada tahap ini, parameter-parameter watt meter diatur sesuai dengan standar yang berlaku. Pengaturan ini mencakup kecepatan rotasi, waktu pengendapan, dan pengaturan lain yang relevan. Selama tahap ini, data mengenai kinerja watt meter akan dicatat dengan teliti.
  • Menghitung Data dan Ketidakpastian, Data yang telah terkumpul selama pelaksanaan kalibrasi akan diolah untuk menghitung deviasi, persamaan regresi, nilai rata-rata, nilai maksimum dan minimum, serta perhitungan ketidakpastian. Hal ini bertujuan untuk menentukan batas toleransi yang diterima dan memastikan keakuratan hasil kalibrasi.
  • Membuat dan Menerbitkan Laporan, Data yang telah terkumpul selama pelaksanaan kalibrasi akan diolah untuk menghitung deviasi, persamaan regresi, nilai rata-rata, nilai maksimum dan minimum, serta perhitungan ketidakpastian. Hal ini bertujuan untuk menentukan batas toleransi yang diterima dan memastikan keakuratan hasil kalibrasi.

Frekuensi Kalibrasi untuk Watt Meter

Perlu Anda ketahui bahwa frekuensi kalibrasi pada watt meter ini sangat penting untuk ditentukan. Yang mana watt meter juga perlu dikalibrasi bukan hanya sekali saja namun berkali-kali untuk tetap menjaga kekuatannya. Maka dari itu, Kalibrasi.com menyediakan line konsultasi yang bisa Anda hubungi dengan mengklik banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Mungkin bagi sebagian orang yang ahli melakukan cara kalibrasi watt meter ini secara mandiri adalah pilihan yang tepat. Namun begitu, menggunakan jasa kalibrasi juga tidak kalah menguntungkannya. Berikut beberapa keuntungan menggunakan jasa kalibrasi watt meter oleh profesional.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Standar kalibrasi watt meter yang dilakukan secara profesional maka hasil pengukurannya akan sama dengan standar yang digunakan. Hal ini akan memudahkan laboratorium lainnya untuk melacak hasil pengukuran dengan standar yang lebih tinggi.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Dengan menggunakan jasa kalibrasi watt meter yang profesional maka Anda akan mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi yang bisa Anda gunakan untuk kalibrasi selanjutnya.

Layanan Jasa Kalibrasi Watt Meter Terakreditasi KAN

Kalibrasi.com menjadi penyedia jasa kalibrasi watt meter yang profesional dan terakreditasi KAN. Sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari di mana yang menyediakan jasa kalibrasi watt meter yang lainnya.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Watt Meter di Kalibrasi.com

Adapun keuntungan yang Anda dapatkan jika menggunakan jasa kalibrasi watt meter di Kalibrasi.com, seperti memiliki mitra yang terakreditasi KAN dengan ruang lingkup kalibrasi yang luas seperti ruang lingkup kalibrasi listrik pada alat ukur watt meter ini. 

Kelebihan Jasa Kalibrasi Watt Meter dari Kalibrasi.com

Adapun beberapa kelebihan jika Anda menggunakan jasa kalibrasi watt meter dari Kalibrasi.com seperti standar acuan jelas, metode sesuai, prosedur yang jelas, opsi pembayaran fleksibel dan, logistik yang bisa diandalkan. Makanya jika Anda sedang mencari jasa kalibrasi watt meter yang profesional, Kalibrasi.com adalah jawabannya. Anda bisa melakukan permintaan kalibrasi dengan cara mengisi formulir di bawah ini.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.