Ralali.com Memiliki peranan penting dalam Dunia Startup di International Event EngageMint Jakarta

0

Asia’s Flagship Retention Conference yang diselenggarakan oleh WebEngage pertama kali diadakan di Indonesia dengan tajuk EngageMint. Acara EngageMint ini diselenggarakan pada 10 November 2022 di Hotel JW Marriott Jakarta dan dihadiri oleh berbagai latar belakang pelaku bisnis, mulai dari top management perusahaan startup hingga pelaku bisnis perintis. CEO dari Forbes Indonesia Roger Finnie memberikan sambutan pembukaan, “EngageMint bertujuan untuk bertukar perspektif antar pelaku bisnis dengan melihat urgensi retensi dalam perkembangan bisnis” ujar Roger Finnie.

Tak lama setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan diskusi bersama panelis dari para CEO pilihan yang berhasil didalam organisasi dan bisnisnya, salah satunya adalah CEO Ralali.com Bpk. Joseph Aditya. Diskusi panel memicu inspirasi dan pertanyaan mendalam tentang perjalanan masing-masing perusahaan, keberlanjutan perusahaan, dan pertumbuhan retensi yang dipandu oleh moderator. CEO Ralali.com Bpk. Joseph Aditya banyak memberikan insight mengenai perjalanan dalam membangun Ralali.com, tantangan yang dihadapi, hingga upaya-upaya yang telah dilakukan selama sembilan tahun membangun Ralali.com hingga ke titik keberhasilan hingga saat ini.

“Perjalanan bisnis Ralali.com dimulai dengan berfokus pada pemberdayaan bisnis melalui platform Ralali.com” ujar Bpk. Joseph Aditya. Ralali.com dimulai sebagai platform vertikal dimana pemasaran dilakukan dengan menawarkan barang dan jasa khusus untuk industri, perdagangan, profesi, atau kelompok pelanggan lain dengan kebutuhan khusus hingga transformasi ke platform horizontal, dimana produk atau jasa memenuhi kebutuhan berbagai pembeli di berbagai sektor strategis. Hal tersebut tentu memicu tantangan bagi Ralali.com dalam hal pemeliharaan platform Ralali.com agar tetap relevan dan sesuai dengan kebutuhan publik. Bpk. Joseph Aditya menyampaikan bahwa salah satu kunci utama dalam retensi pelanggan adalah melalui kegiatan pemasaran.

Dalam proses pemasaran, Ralali.com tidak hanya menggunakan budget untuk keperluan komersial, melainkan fokus pada education marketing dengan memberikan webinar maupun workshop bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat pedesaan. Hal ini merupakan upaya Ralali.com agar tetap relevan dengan perubahan sosial yang terjadi setelah pandemi COVID-19 yaitu semakin mudahnya akses masyarakat terhadap pasar sehingga terjadi transformasi pasar secara online. Upaya lain adalah melalui pengadaan solusi bisnis Ralali Direct untuk meningkatkan pelayanan pelanggan di dalam ekosistem digital milik Ralali.com.

Selain dari sisi pengembangan bisnis secara eksternal, Ralali.com juga mengutamakan pengembangan bisnis dari internal dalam pengadaan ekosistem pengembangan bisnis Ralali.com melalui pembentukan struktur organisasi dan pengembangan skills bagi karyawan Ralali.com atau yang biasa disebut dengan Ralalian.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.