Ruang Lingkup Kalibrasi Arus dan Aliran dan Daftar Alat Ukurnya

0

Dalam bidang perindustrian, pengukuran menjadi hal yang sangat penting, dan salah satu jenis pengukurannya yang penting ini adalah di ruang lingkup arus dan aliran. Pengukuran arus dan aliran ini biasa diaplikasikan industri, lingkungan, dan penelitian. Ruang lingkup kalibrasi arus dan aliran merujuk pada area kalibrasi yang terbatas untuk alat ukur yang digunakan dalam mengukur laju arus dan aliran. 

Dalam pengukuran arus dan aliran ini kita membutuhkan beberapa jenis alat ukur seperti misalnya anemometer, flowmeter dan masih banyak lagi yang akan kita bahas di bawah ini. Untuk memastikan bahwa alat ukur tersebut dapat melakukan pengukuran dengan akurat, maka dibutuhkanlah kalibrasi secara berkala. Untuk itu mari kita simak artikel tentang ruang lingkup kalibrasi arus dan aliran berikut ini.

Ruang Lingkup Kalibrasi Arus dan Aliran

Dalam ruang lingkup kalibrasi arus dan aliran ini secara teknis digunakan untuk memastikan agar alat ukur di bidang arus dan aliran dapat menghasilkan pengukuran yang akurat. Adapun beberapa manfaat yang dapat dihasilkan jika kalibrasi di ruang lingkup arus dan aliran seperti misalnya:

  • Menghindari kesalahan pada pengukuran yang dapat mengancam keselamatan pengguna alat ukur tersebut.
  • Dapat meningkatkan kepercayaan terhadap hasil pengukuran.
  • Dengan hasil pengukuran yang akurat, maka reputasi perusahaan juga akan meningkatkan selaras dengan kepercayaan konsumen terhadap alat ukur yang akurat.

Daftar Alat Ukur pada Ruang Lingkup Kalibrasi Arus dan Aliran

Berikut adalah beberapa alat ukur yang termasuk dalam ruang lingkup kalibrasi arus dan aliran:

  • Jasa Kalibrasi Anemometer, Anemometer adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin. 
  • Jasa Kalibrasi Rotameter, Rotameter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur laju aliran fluida, seperti cairan atau gas, dengan mengukur tinggi kolom fluida yang bergerak di dalam tabung transparan.
  • Jasa Kalibrasi Flow Meter Liquid, Flow meter liquid adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur laju aliran cairan dalam sistem pipa.
  • Jasa Kalibrasi Flowmeter Gas, Flowmeter gas adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur laju aliran gas dalam sistem pipa.
  • Jasa Kalibrasi Ultrasonic Flowmeter, Ultrasonic flowmeter adalah alat ukur yang menggunakan gelombang ultrasonik untuk mengukur laju aliran cairan dalam sistem pipa tanpa menyentuh fluida secara langsung.
  • Jasa Kalibrasi Meter Air, Meter air adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur konsumsi air pada instalasi atau perangkat tertentu.

Sektor yang Menggunakan Alat Ukur pada Ruang Lingkup Arus dan Aliran

Pengaplikasian alat ukur di ruang lingkup arus dan aliran diatas terbagi menjadi beberapa sektor seperti misalnya sektor lingkungan, perindustrian, dan juga laboratorium penelitian. Selain itu ruang lingkup kalibrasi arus dan aliran ini penting untuk dapat meningkatkan keakuratan pengukuran sekaligus meningkatkan kualitas produksi untuk perusahaan Anda.

Mitra Terakreditasi KAN pada Ruang Lingkup Kalibrasi Arus dan Aliran

Mungkin bagi Anda yang masih awam terhadap bagaimana cara melakukan kalibrasi pada alat ukur tersebut. Maka sebaiknya Anda memilih jasa di ruang lingkup kalibrasi arus dan aliran yang terakreditasi KAN. Mengapa? Karena setiap penyedia jasa yang terakreditasi Komite Akreditasi Nasional pasti akan memiliki standar yang jelas dan juga dijamin keakuratannya seperti Kalibrasi.com.

Kesimpulan

Adapun pengukuran arus dan aliran merupakan suatu hal yang sangat penting bagi beberapa perusahaan. Yang mana ruang lingkup kalibrasi arus dan aliran ini juga terdiri dari berbagai jenis alat ukur yang harus dipastikan keakurasiannya dan kualitas pengukuran. Maka dari itu Kalibrasi.com hadir dalam memberikan solusi yang terbaik untuk Anda yang ingin mencari jasa kalibrasi terakreditasi KAN dan terpercaya. Jangan ragu untuk mengisi form di bawah ini untuk mendapatkan penawaran kalibrasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.