Mengenal Berbagai Macam Simbol B3

0

B3 merupakan singkatan dari bahan berbahaya dan beracun yang merujuk ke bahan yang memiliki potensi untuk mencemari atau merusak lingkungan hidup, serta dapat membahayakan kesehatan manusia ataupun makhluk hidup lainnya.  Untuk mengidentifikasi dan memberikan peringatan terhadap keberadaan bahan berbahaya dan beracun, maka simbol B3 khusus digunakan. 

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) No. 74 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun, B3 memiliki definisi yang berkaitan dengan dampaknya terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Sedangkan menurut OSHA (Occupational Safety and Health of the United State Government), B3 didefinisikan sebagai bahan yang memiliki potensi menyebabkan gangguan kesehatan manusia dan merusak atau mencemari lingkungan

Simbol B3 Sesuai Permen LH No. 3 tahun 2008

Simbol-simbol B3 dibuat dan digunakan sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup (Permen LH) No. 3 tahun 2008. Simbol-simbol ini memiliki peran penting untuk memberikan informasi visual yang jelas tentang keberadaan bahan berbahaya dan beracun serta risikonya. Simbol-simbol ini harus berwarna dan memiliki bentuk yang berbeda untuk memudahkan pengenalan dan pemahaman. Mulai dari bentuknya, gambarnya, hingga penerapannya diatur dalam Peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah. Berikut adalah contoh simbol bahan berbahaya dan beracun berdasarkan kategorinya:

Simbol B3 Pengoksidasi

simbol b3 pengoksidasi

Simbol yang menunjukan bahan yang dapat melepaskan panas atau api ketika bereaksi pada zat kimia lain walaupun di ruang hampa udara sekalipun.

Simbol B3 Mudah Menyala

Simbol yang menunjukan bahwa bahan tersebut mudah menyala atau terbakar.

Simbol B3 Beracun

simbol b3 racun

Simbol yang menunjukan yang dapat menyebabkan keracunan atau sakit yang cukup serius jika masuk ke dalam tubuh manusia melalui kulit, pernafasan, atau mulut.

Simbol B3 Berbahaya

Simbol yang menunjukkan bahwa bahan yang berupa padat, gaz, atau cairan ini dapat menyebabkan bahaya terhadap kesehatan sampai tingkat tertentu.

Simbol B3 Iritasi

simbol b3 iritasi

Simbol ini menunjukan bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit, pernafasan, atau organ lainnya.

Simbol B3 Korosif

Simbol ini menunjukan untuk bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau terbakar pada kulit, dan dapat menyebabkan proses karat pada lempeng baja.

Simbol B3 Berbahaya bagi Lingkungan

simbol b3 berbahaya terhadap lingkungan

Simbol bahan yang dapat menimbulkan bahaya terhadap lingkungan bahan kimia yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan seperti kematian pada ikan hingga kerusakan lapisan ozon.

Simbol B3 Karsinogenik

Simbol ini menunjukan bahan yang dapat menyebabkan efek sebagai berikut:

  • Teratogenik merujuk pada sifat suatu bahan yang dapat mempengaruhi pembentukan dan pertumbuhan embrio, potensial untuk menyebabkan kelainan perkembangan pada janin.
  • Mutagenik merujuk pada sifat suatu bahan yang dapat menyebabkan perubahan pada kromosom, yang berarti dapat mempengaruhi genetika dan menyebabkan mutasi.
  • Toksisitas sistemik terhadap organ sasaran spesifik merujuk pada kemampuan suatu bahan untuk menyebabkan kerusakan pada organ-organ tertentu dalam tubuh manusia atau organisme lainnya.

Simbol B3 Gas Bertekanan

Simbol gas bertekanan yang dapat meledak apabila tabung gas terkena panas atau pecah dapat menyebabkan kebakaran.

Peraturan Ukuran Simbol B3 

Ukuran simbol B3 juga diatur dalam peraturan yang sama. Aturan ini menetapkan ukuran yang spesifik untuk simbol-simbol B3 pada kemasan dan alat angkut. Hal ini dilakukan agar simbol-simbol tersebut dapat dengan terlihat dengan jelas dan dibaca oleh orang-orang yang berkaitan langsung dengan B3.

Ukuran pada Kemasan

Simbol pada wadah dan kemasan bahan berbahaya dan beracun harus memiliki ukuran 10 cm x 10 cm. Dengan ukuran ini, simbol B3 akan mudah terbaca dan mengingatkan akan bahaya yang terkait dengan bahan tersebut.

Ukuran pada Alat Angkut/Kendaraan

Untuk alat angkut atau kendaraan yang mengangkut bahan berbahaya dan beracun, simbol B3 harus memiliki ukuran 25 cm x 25 cm. Ukuran yang lebih besar ini penting agar simbol tersebut dapat dengan jelas terlihat oleh orang-orang di sekitarnya atau untuk memberikan peringatan yang diperlukan.

Contoh Penerapan Label Simbol Bahan Berbahaya dan Beracun

Adapun simbol B3 harus sesuai dengan penerapannya sehingga dapat diidentifikasi dengan mudah dalam pengambilan langkah yang tepat dalam penanganan ataupun penggunaan B3. Berikut adalah contoh gambar penerapan label simbol bahan berbahaya dan beracun.

Penerapan label B3 pada wadah atau kemasan

Penerapan label B3 pada armada angkut B3

Kesimpulan

Simbol-simbol B3 memang penting dalam memberikan peringatan dan informasi tentang keberadaan B3 serta bahaya kepada orang yang menggunakannya atau berkaitan. Melalui simbol-simbol ini, orang dapat dengan mudah mengenali bahan berbahaya dan beracun serta mengambil tindakan yang sesuai untuk melindungi lingkungan dan kesehatan manusia. Sehingga penting bagi kita untuk mematuhi aturan ukuran dan penerapan simbol B3 sesuai dengan peraturan yang berlaku guna memastikan informasi yang jelas dan efektif dalam menghadapi bahaya dari bahan-bahan ini.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.