Tips Cara Merawat AC Dengan Mudah

0

cara merawat AC

Apabila rumah Anda memakai Air Conditioner atau lebih dikenal dengan sebutan AC, jangan lupa untuk melakukan perawatan, cara merawat AC sangatlah mudah. Lakukanlah perawatan secara rutin, apabila AC tidak dirawat secara rutin, maka akan menimbulkan polusi udara serta akan menyebarkan berbagai virus yang akan menimbulkan penyakit, seperti masalah pernapasan atau masalah lainnya.

AC yang kotor karena jarang dibersihkan, bisa menyimpan berbagai macam virus serta bakteri, Bakteri tersebut secara terus menerus akan menyebar ke seluruh bagian ruangan serta masuk ke dalam indera penciuman. Maka yang terjadi, seluruh penghuni akan mengalami sakit maupun infeksi berulang kali.

Cara Merawat AC

1. Jangan lupa matikan AC

Matikanlah AC ketika hendak bepergian maupun ruangan tidak dipergunakan. Jika udara pada ruangan tidak terlalu panas, usahakanlah untuk mematikan sekitar 1 maupun 2 jam dalam sehari. Jika perlu pakailah reminder maupun timer yang tersedia dalam fasilitas AC. Sewaktu AC telah dimatikan, bukalah lebar-lebar jendela serta pintu supaya terjadi pertukaran udara.

Baca Juga: Tips Memilih AC Agar Tidak Salah Dalam Membeli

2. Rawat kebersihan AC

Artikel Terkait

Setiap satu bulan sekali lakukanlah pemeriksaan pada komponen saringan atau bisa disebut filter udara pada AC. Jika penyaring udara tersebut kotor maka bisa menghambat proses sirkulasi udara serta bisa menjadi tempat bagi kuman, bakteri ataupun jamur.

Bakteri tersebut akan menyebar ke bagian evaporator coil setelah itu menyebar kembali ke seluruh bagian ruangan. Jika komponen AC kotor maka bisa mengakibatkan kinerja sistem pendingin akan berkurang, sehingga tidak menghasilkan udara dingin yang maksimal serta boros.

3. Selektif dalam penggunaan

Minimalkanlah gangguan kesehatan dengan seselektif mungkin penggunaan AC, karena apabila di dalam ruangan yang sama terdapatkan anggota keluarga yang sedang sakit, maka virus serta kumannya bisa menyebar melalui peredaran udara AC tersebut. Jadi jika salah satu anggota keluarga ada yang sakit misalnya sakit flu,usahakanlah seminimal mungkin dalam menggunakan AC.

4. Periksa kondensor AC

Hal yang satu ini sering kali dilupakan oleh seorang yang menggunakan AC. Periksalah kondensor yang biasanya diletakan di bagian luar rumah yang bersih terhadap debu, semak belukar serta dedaunan. Jika anda hendak membersihkannya, matikan AC terlebih dahulu serta bersihkan debu yang menempel dengan menggunakan vacuum cleaner.

6. Lakukan perawatan rutin

Supaya lebih aman, panggilah teknisi AC untuk ketika hendak melakukan perawatan pada AC, pilihlah yang bisa dipercaya minimal enam bulan sekali. Perawatan yang dilakukan ini tidak hanya untuk kesehatan keluarga, tetapi pula untuk memastikan AC kian lebih awet serta hemat dalam biaya bulanan listrik.

 

 

Penulis : Vei
Editor : Angga

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.