Tips Membangun Bisnis Cafe Mini yang Omsetnya Jumbo

0

Walaupun namanya bisnis cafe mini tapi omset dan profitnya bisa jumbo loh. Kuncinya adalah tahu bagaimana pemasarannya. Bisnis cafe mini adalah jenis usaha yang menawarkan konsep café dengan skala yang lebih kecil dibandingkan café pada umumnya. Bisnis ini cenderung menyasar konsumen yang mencari pengalaman menikmati kopi dengan suasana yang lebih personal dan intim.

bisnis cafe mini
imagesource : icreate

Salah satu keunggulan bisnis cafe mini adalah biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan bisnis café besar. Hal ini karena skala usaha yang lebih kecil dan jumlah karyawan yang juga lebih sedikit. Selain itu, lokasi yang dipilih untuk bisnis ini juga biasanya lebih strategis, seperti dekat dengan kampus atau kawasan kantor.

Tips Membuka Bisnis Cafe Mini

Membuka cafe mini terlihat mudah. Asal ada modal, cafe bisa langsung dibuka. Tapi sebenarnya harus ada perencanaan dan memperhatikan beberapa hal. Untuk memulai bisnis cafe mini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:

Pemilihan Lokasi

Pilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen.

Konsep

Tentukan konsep cafe yang ingin ditawarkan, seperti kopi specialty atau kopi lokal.

Perizinan

Pastikan untuk mendapatkan semua perizinan yang diperlukan sebelum memulai bisnis.

Peralatan

Investasikan dalam peralatan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis, seperti mesin kopi, peralatan dapur, dan peralatan makan.

Marketing

Pastikan untuk menjalankan promosi yang efektif untuk menarik konsumen ke cafe anda.

Bisnis cafe mini memiliki potensi pasar yang cukup besar dan menjanjikan. Namun, untuk dapat sukses dalam bisnis ini, diperlukan komitmen dan kerja keras dalam menjalankan bisnis. Juga kreativitas dalam marketing. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut di atas, Anda dapat memulai bisnis cafe mini yang sukses. Lantas bagaimana cara memarketing cafe mini agar ramai dan sukses?

Tips Marketing pada Cafe Mini

Memahami cara memasarkan bisnis anda adalah sebagian dari kunci sukses dalam berbisnis. Pastikan membuat rencana pemasaran yang mendetail sehingga anda dapat menentukan mana yang akan dikerjakan lebih dulu. Berikut adalah beberapa strategi marketing untuk meningkatkan pengunjung sebuah cafe mini:

Sosial Media

Buat akun media sosial resmi untuk cafe anda dan pastikan untuk memposting konten yang menarik dan informatif secara teratur. Jangan lupa untuk memasang tagar dan melibatkan followers dalam aktivitas cafe anda.

Collaboration

Kerjasama dengan brand lain atau influencer untuk mempromosikan cafe anda. Bisa juga dengan bergabung ke beberapa aplikasi pengantaran makanan online dan ikut program promo-promo makanan yang ada di aplikasi tersebut.

Event

Buat acara-acara spesial seperti coffee tasting, latte art competition, atau live music performance untuk meningkatkan brand awareness dan membangun loyalitas pelanggan.

Loyalty Program

Buat program loyalty untuk memotivasi pelanggan untuk terus datang ke cafe anda. Misalnya setiap kali pengunjung datang diberikan kupon yang jika ditukar sebanyak 5 buah maka akan mendapatkan 1 porsi makanan yang hanya disajikan untuk loyalti program (tidak dijual umum).

Referral Program

Hadiahkan pelanggan yang merekomendasikan cafe anda ke teman-temannya. Cara melakukannya bisa dengan memberitahukan pelanggan bahwa jika bisa membuat temannya reservasi atau pembelian dalam jumlah tertentu maka dia akan mendapatkan 5% dari total pembelanjaan temannya.

Content Marketing

Buat konten-konten menarik seperti blog post, infografis, atau video yang terkait dengan kopi dan cafe, dan bagikan melalui media sosial dan email marketing.

Pop-up Event

Buat acara-acara pop-up di lokasi-lokasi strategis untuk memperkenalkan cafe anda ke masyarakat. Cara termudah melakukannya adalah dengan membuka stand saat acara-acara seperti Car Free Day.

Sampling

Berikan sampel gratis dari menu-menu anda kepada calon pelanggan untuk membuat mereka tertarik untuk datang ke cafe anda. Pastikan anda menghitung budget sampling ini dan berikan sampling kepada mereka yang memang memiliki potensi akan tertarik datang.

Community Building

Bangun komunitas yang solid di sekitar cafe anda melalui acara-acara spesial, diskusi, dan aktivitas-aktivitas lain yang menghubungkan pelanggan dengan cafe anda.

Influencer Marketing

Berikan produk atau voucher gratis kepada influencer untuk mempromosikan cafe anda ke followers mereka. Tidak harus influencer besar. Cukup kepada orang-orang yang memiliki pengaruh di “circle” mereka. Misalnya kepala komunitas sepeda. Orang-orang seperti ini kerap disebut nano influencer.

Implementasikan strategi-strategi di atas secara bijak dan teratur untuk meningkatkan brand awareness dan membangun loyalitas pelanggan untuk meningkatkan bisnis cafe mini yang sedang anda bangun.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.