Tips Merawat Bearing Agar tetap Awet

0

Cara merawat bearing

Tips Merawat Bearing Agar tetap Awet – Pelumasan Bearing secara sistem terbagi menjadi 2 bagian yaitu Bearing yang dilumasi oleh grease semisal Bearing roda serta Bearing yang dilumasi langsung secara continue oleh oli semisal Bearing as-kruk pada mesin. Bearing yang dilumasi oli (di dalam mesin) tidak akan dibahas, sebab tidak membutuhkan perawatan, yang akan dibahas yaitu Bearing yang ada di luar mesin.

Mengapa membahas perawatan Bearing ? sebab Bearing merupakan suatu komponen yang kerap di lupakan perawatannya oleh si pemilik kendaraan, padahal peran Bearing ini amat vital serta menentukan keseimbangan terhadap laju kendaraan itu sendiri.

Jika Bearing tidak dirawat dengan baik maka akan menyebabkan :

1. Keseimbangan laju pada roda akan kacau serta dapat menyebabkan kecelakaan.

2. Rusaknya komponen rel cakram yang disebabkan karena putaran roda tidak stabil.

3. Getaran yang berlebihan pada roda akan di teruskan kesemua bodi kendaraan, sehingga komponen pada seluruh kendaraan berisiko rusak.

Lantas bagaimana caranya supaya Bearing pada roda kendaraan kita tetap awet ? Inilah beberapa hal yang mesti di perhatikan supaya Bearing anda tetap awet :

1. Sewaktu memasang baring baru, maka usahakanlah untuk jangan mengelap grease yang terdapat pada Bearing, sebab grease yang terdapat pada Bearing baru telah diformulasikan khusus untuk Bearing.

2. Usahakanlah untuk jangan menambah grease secara berlebihan sebab penambahan grease secara berlebihan akan menyebabkan penumpukan grease serta lama kelamaan grease akan mengundang kotoran untuk masuk ke dalam Bearing.

3. Jangan sesekali membuka kedua penutup pada Bearing, jika hendak menambahkan grease maka usahakanlah membuka penutup Bearing pada satu bagian saja. Pasang Bearing yang sudah terbuka penutupnya menghadap ke dalam serta yang asing lengkap penutupnya menghadap keluar, supaya apabila terjadi hujan, maka air hujan yang mengandung asam tersebut tidak bisa masuk ke dalam Bearing.

4. Ketika sedang berkendara usahakanlah seminimal mungkin untuk tidak melintasi jalanan yang bergelombang sebab akan mempercepat umur pemakaian Bearing.

5. Jika pada salah satu Bearing mengalami kerusakan maka gantilah Bearing secara bersamaan pada kedua sisinya.

Itulah beberapa tips cara merawat bearing agar tetap awet dan bisa bertahan lama, semoga tips ini dapat bermanfaat dan dapat anda aplikasikan ke kendaraan anda.

Baca artikel lainnya : 6 Jenis Bearing Automotive Equipment Ini Perlu Anda Ketahui

Ralali

Penulis : Vei
Editor   : Metha

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.