Yuk Mengenal Lebih Jauh Cara Kerja Pedometer!

0
cara kerja pedometer
cara kerja pedometer

Mengenal Lebih Jauh Cara Kerja Pedometer – Seberapa jauh jarak Anda berjalan setiap harinya? Mungkin Anda sendiri akan terkejut ketika mengetahui jarak tempuh yang telah Anda lalui setiap hari. Berjalan atau berlari merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Pada beberapa orang tertentu, jenis latihan ini disarankan oleh dokter untuk menurunkan berat badan atau meningkatkan stamina setelah melakukan operasi. Dengan cara sederhana ternyata Anda bisa mengetahui berapa jumlah langkah yang telah Anda lalui, yaitu dengan sebuah alat bernama pedometer. Berikut ini akan dibahas bagaimana sebuah pedometer dapat menghitung langkah kaki seseorang.

Bagaimana Cara Kerja Pedometer?

Dalam kondisi berjalan, tubuh akan miring ke satu sisi dan mengayunkan kaki ke arah depan. Tubuh pada sisi lainpun akan miring dan kaki akan mengayun ke arah depan juga. Setiap kemiringan pinggul dan pergeseran kaki maka itu disebut sebagai langkah. Dengan asumsi setiap langkah adalah hampir sama panjangnya, maka yang perlu dilakukan adalah menghitung jumlah langkah yang dibuat dalam sehari, dengan menghitung berapa kali tubuh seseorang miring ke setiap sisi kanan dan kiri. Dengan demikian dapat memperbanyak jumlah langkah dengan panjang masing-masing untuk mengetahui jarak keseluruhan dari suatu perjalanan. Kurang lebih seperti itulah cara sederhana untuk menjelaskan bagaimana pedometer bekerja.

Pedometer mekanik

Pada awalnya seluruh pedometer adalah mekanik dan bekerja seperti jam pendulum yang berayun. Pedometer menggunakan pendulum berayun untuk menghitung langkah dan ditampilkan hasil hitungannya pada pointer yang bergerak berputar menyerupai sebuah jam tangan analog. Pedometer mekanik direkatkan pada pinggang dan setiap kali melangkah maka pendulum akan berayun ke satu sisi dan kemudian akan kembali lagi, menyebabkan gigi untuk menggerakkan jarum penanda bergerak.

Pedometer Elektronik

Pedometer modern bekerja dengan cara yang hampir sama seperti pedometer mekanik hanya saja bekerja secara elektronik. Jika Anda membuka bagian dalamnya, Anda akan menemukan sebuah pendulum logam berbentuk palu dengan berat di salah satu ujungnya yang terhubung pada sirkuit penghitung elektronik menggunakan per kecil. Biasanya sirkuit yang terbuka tidak mengandung arus listrik yang mengalir. Ketika Anda melangkah, ayunan palu akan bergerak menyentuh kontak logam di bagian tengah sehingga memungkinkan arus listrik mengalir.

Beberapa pedometer yang lebih canggih bekerja sepenuhnya secara elektronik karena tidak memiliki bagian pendulum yang bergerak di dalamnya. Pedometer seperti ini lebih tahan lama dan lebih bisa diandalkan, serta lebih akurat. Pendulum yang bergerak digantikan oleh accelerometers, yaitu sebuah microchip yang diletakkan pada sudut kanan yang mendeteksi perubahan per menit ketika kaki bergerak. Accelerometers kemudian diterapkan pada beberapa perangkat elektronik seperti telepon genggam atau GPS.

Anda bisa mendapatkan pedometer yang Anda butuhkan dengan berbagai jenis dan kualitas yang tak perlu diragukan lagi dengan mengecek website Ralali. Segala keperluan Anda bisa didapatkan di Ralali.com.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar