Cara Memulai Bisnis Hotel Ternyata Mudah, Yuk Cek Caranya

0

Memulai bisnis perhotelan sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki modal dan tekad yang kuat. Pertama, Anda harus memiliki modal untuk membeli atau menyewa tempat yang akan dijadikan sebagai hotel. Kemudian, Anda harus menentukan konsep dan target market hotel Anda. Setelah itu, Anda bisa mencari mitra atau vendor yang akan menyediakan layanan dan produk yang dibutuhkan hotel Anda. Selanjutnya, Anda harus mengurus legalitas dan izin yang dibutuhkan untuk memulai bisnis perhotelan.

cara memulai bisnis hotel
imagesource : trenasia

Namun, jangan khawatir karena saat ini banyak sekali sumber informasi dan bantuan yang dapat membantu Anda dalam proses memulai bisnis perhotelan. Salah satunya tentu saja melalui konten yang kami sediakan kali ini.

Panduan Cara Memulai Bisnis Hotel dari A sampai Z

Sebenarnya banyak orang yang tertarik masuk ke bisnis perhotelan. Sayangnya banyak yang kemudian ragu dan tidak jadi masuk karena tidak tahu bagaimana memulai bisnis ini, dan bagaimana mengelola bisnis hotel. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja tahapan untuk memulai bisnis hotel.

Ada beberapa tahap yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis perhotelan, diantaranya:

Riset Pasar

Melakukan riset pasar sangat penting untuk mengetahui permintaan pasar, lokasi yang tepat, dan kompetitor yang ada dalam bisnis perhotelan. Dengan melakukan riset pasar anda akan lebih mudah nantinya melihat peluang seperti berapa harga yang sebaiknya diberikan pada tamu hotel, hotel seperti apa yang akan menarik tamu di daerah tersebut, dan dapat dengan mudah menentukan risiko-risiko pasar yang mungkin terjadi (misalnya banyak orang yang “rese” karena suka mabuk atau mencuri properti hotel).

Perencanaan Bisnis

Membuat rencana bisnis yang mencakup strategi pemasaran, target pasar, dan proyeksi keuangan. Perencanaan bisnis ini sangat penting karena akan menentukan seberapa besar keuntungan yang mungkin didapatkan, apa saja risiko yang mungkin terjadi dan apa yang harus dipersiapkan untuk mengatasi risiko tersebut, serta apa saja strategi untuk memaksimalkan keuntungan.

Pencarian Lokasi

Lokasi akan sangat menentukan kelanjutan bisnis hotel anda. Anda tidak harus mencari daerah potensial “yang belum ada pesaing” karena walaupun anda menemukan daerah seperti itu, kesuksesan anda nantinya pasti akan memunculkan pesaing-pesaing lainnya. Hal yang paling penting adalah mencari lokasi yang sesuai dengan rencana bisnis dan memperhitungkan faktor-faktor seperti aksesibilitas, infrastruktur, dan biaya.

Mendapatkan Izin Usaha

Mendapatkan izin usaha yang diperlukan, seperti izin prinsip dan izin operasional dari pemerintah setempat. Izin untuk membangun hotel akan berbeda tiap daerahnya. Oleh sebab itu, pastikan bertanya ke pihak-pihak terkait izin apa saja yang perlu untuk diurus.

Pembiayaan

Mencari sumber pendanaan yang sesuai dengan rencana bisnis, seperti pinjaman bank, pendanaan saham, atau mencari investor. Anda juga bisa mencari pembiayaan dengan metode crowd-funding yaitu mencari beberapa orang investor untuk saling “patungan” sehingga dana bisa terkumpul dengan cepat. Namun untuk itu anda perlu membuat konsep hotel yang dapat menarik investor.

Pembelian atau Pembangunan

Pembelian melibatkan membeli sebuah hotel yang sudah ada, sementara pembangunan melibatkan membangun sebuah hotel dari awal. Dalam kedua kasus, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti lokasi, ukuran, dan fasilitas yang dibutuhkan. Pembelian hotel dapat lebih cepat dan mudah, tetapi mungkin lebih mahal daripada membangun hotel dari awal. Namun, pembangunan hotel dapat memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam menentukan fasilitas dan desain hotel yang diinginkan. Kedua pilihan ini memerlukan investasi finansial yang besar dan harus dipertimbangkan dengan hati-hati.

Perekrutan dan Pelatihan Staf

Perekrutan dan pelatihan staf adalah tahap penting dalam memulai bisnis hotel. Perekrutan dilakukan untuk mencari kandidat yang sesuai untuk posisi yang dibutuhkan di hotel, sementara pelatihan dilakukan untuk menyiapkan staf agar dapat melakukan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan standar hotel. Dalam proses perekrutan, hotel dapat mengiklankan lowongan di media cetak atau online, atau menyewa perusahaan rekrutmen untuk membantu dalam proses perekrutan.

Pemasaran dan Promosi

Pemasaran dan promosi yang efektif dapat membantu hotel dalam meningkatkan jumlah tamu yang berkunjung dan meningkatkan pendapatan hotel. Pemasaran dilakukan untuk meningkatkan brand awareness dan menarik perhatian target market, sementara promosi dilakukan untuk memberikan tawaran khusus atau diskon untuk menarik tamu untuk memesan kamar di hotel. Hotel dapat melakukan pemasaran melalui iklan di media cetak atau online, sosial media, atau dengan bekerja sama dengan agen perjalanan. Promosi dapat dilakukan melalui email marketing, sosial media, atau dengan bekerja sama dengan agen perjalanan. 

Operasional dan Manajemen Hotel.

Operasional meliputi tugas seperti pemeliharaan fasilitas, pembuatan jadwal kerja staf, dan pengelolaan inventori. Manajemen hotel meliputi tugas seperti perencanaan strategis, penganggaran, pembuatan kebijakan, dan pengambilan keputusan yang akan mempengaruhi kinerja hotel. Dalam tahap operasional, hotel harus memastikan bahwa fasilitas dan pelayanan yang diberikan sesuai dengan standar yang ditetapkan dan dapat memenuhi kebutuhan tamu. Dalam tahap manajemen hotel, hotel harus memastikan bahwa strategi yang digunakan dapat mencapai tujuan yang ditentukan dan dapat meningkatkan kinerja bisnis hotel.

Eksekusi

Semua persiapan yang sudah anda lakukan akan menjadi sia-sia jika tidak mulai dieksekusi. Segera eksekusi semua rencana yang sudah anda persiapkan mulai dari apa yang harus anda lakukan di hari pertama, hari kedua, ketiga, dan seterusnya sampai hotel benar-benar terbangun dan siap menerima tamu pertama dan tamu-tamu berikutnya.

Itulah cara memulai bisnis hotel dari awal hingga akhir yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat dan semoga bisnis yang hendak anda jalankan tersebut bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Dapatkan Ebook - Ralali Business Solution

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.