Simak Contoh Pengisian Label Limbah B3 Berikut Ini

0

Kita sudah tahu sebelumnya dan bahkan mungkin saja Anda yang bekerja di dalam bidang seperti ini seringkali menemukan jika pada limbah B3 selalu ada label yang menginformasikan tentang limbah B3 tersebut di dalam sebuah wadah. Dalam pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), pemberian label limbah B3 adalah hal yang sangat penting. Labeling limbah B3 diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia No 14 tahun 2013 tentang Simbol dan Label Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun.

Terdapat beberapa poin yang harus Anda isi ketika pengisian dari label limbah B3 tersebut. Bagaimana caranya? Mari kita cari tahu lebih lanjut! 

Berikut Contoh Pengisian Label Limbah B3 Berdasarkan Jenisnya

Simbol dan juga label B3 merupakan dua hal yang sangat berkaitan. Dalam label limbah B3 sudah pasti terdapat simbol label B3. Namun, jika simbol ini hanya sebagai informasi terkait dengan sifat seperti apa yang ada pada limbah B3 tersebut, label lebih spesifik lagi.

Label merujuk pada informasi yang terkait dengan bahan kimia, yang biasanya disampaikan melalui piktogram bahaya, simbol, tulisan, atau kombinasi dari keduanya. Label juga dapat mengandung informasi mengenai identitas bahan kimia atau produk, identitas produsen atau pemasok, serta klasifikasi bahan kimia tersebut.

Berikut ini ada beberapa contoh pengisian label limbah B3 berdasarkan jenisnya yang perlu Anda ketahui.

Label Limbah B3 untuk Wadah atau Kemasan Limbah B3

Label B3 berbentuk persegi panjang dengan ukuran disesuaikan dengan kemasan yang digunakan, ukuran perbandingannya adalah (panjang : lebar = 3:1) , dengan warna dasar putih dan tulisan serta garis tepi berwarna hitam seperti pada gambar di bawah ini:

Berikut ini adalah contoh setelah diisi :

Label Limbah B3 untuk Wadah atau Kemasan Limbah B3 Kosong

Sedangkan untuk limbah B3 untuk kemasan limbah B3 yang masih kosong atau yang sudah kosong adalah sebagai berikut:

label limbah b3 kosong

Bentuk dasar label untuk wadah dan/atau kemasan limbah B3 kosong mirip dengan bentuk dasar simbol limbah B3. Label limbah B3 yang ditempatkan pada wadah dan/atau kemasan memiliki ukuran minimal 10 cm x 10 cm, dengan tulisan KOSONG berwarna hitam terletak di tengah label.

Label Limbah B3 untuk Penunjuk Tutup Wadah atau Kemasan

Label memiliki ukuran minimal 7 cm x 15 cm dengan latar belakang putih dan menampilkan gambar dua anak panah yang mengarah ke atas, berdiri sejajar di atas blok hitam, dan dikelilingi oleh bingkai hitam. Label ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap kerusakan akibat goresan atau paparan limbah dan bahan kimia lainnya.

Berikut ini adalah contoh dari label sebagai penunjuk tutup wadah atau kemasan:

Aturan Pelekatan Label Limbah B3

Dalam pelekatan label limbah B3 juga harus sesuai dengan Permen Lingkungan Hidup nomor 14 tahun 2013. Pelekatan ini berbeda-beda pada setiap label yang sudah disebutkan di atas.

Bagaimana itu sebenarnya pelekatan pada setiap wadah atau kemasan limbah B3 yang kosong dan juga pada tutupnya?

Pelekatan pada Wadah atau Kemasan Limbah B3

Pertama kita harus tahu dimana pelekatan pada wadah atau kemasan limbah B3 terlebih dahulu sebelum ke yang lain. Sebenarnya ada dua kriteria untuk pelekatannya, yaitu:

Label Limbah B3 dilekati di sebelah atas Simbol Limbah B3 wadah dan kemasan dan harus terlihat dengan jelas. Label Limbah B3 ini juga harus dipasang pada kemasan yang akan dimasukan ke dalam kemasan yang lebih besar. Apabila Limbah B3 yang disimpan pada wadah atau kemasan:

  • Memiliki 1 (satu) karakteristik, maka wadah atau kemasannya wajib dilekati dengan label Limbah B3 sesuai dengan karakteristik Limbah B3 yang dikemas.
  • Memiliki 1 (satu) karakteristik, maka wadah dankemasannya wajib dilekati dengan label Limbah B3 yang menunjukkan karakteristik keseluruhan Limbah B3

Pelekatan pada Wadah atau Kemasan Limbah B3 Kosong

Labeling ini menunjukkan jika wadah atau kemasan dari limbah B3 tersebut sudah kosong dan bisa dibersihkan untuk setelahnya bisa digunakan kembali untuk mengisi limbah B3 yang serupa jenisnya.

Pelekatan pada Penunjuk Tutup Wadah atau Kemasan

Pelekatan pada penutup ini menunjukkan di mana sebenarnya tutup dari wadah atau kemasan dari limbah B3. Ini juga sebagai penanda agar peletakannya tidak dibalik agar tidak mengalami kebocoran.

Berikut ini adalah contoh pelekatan label limbah B3:

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.