Jenis Amplas Yang Mesti Diketahui

0

Jenis Amplas Yang Mesti Diketahui

Jenis Amplas Yang Mesti Diketahui – Amplas merupakan sejenis alat kerja yang dibuat dari kain ataupun kertas yang ditambahkan dengan ban kasar sejenis butiran pasir sehingga terkadang alat ini pun disebut dengan kertas pasir. Ampelas berguna untuk menghaluskan permukaan benda kasar, cara kerjanya yaitu hanya dengan menggosokkan permukaan ampelas bagian kasar ke bagian benda yang ingin  dihaluskan.

Jenis amplas menurut bentuk serta bahannya terdiri dari 2 jenis, yaitu ampelas lembaran serta ampelas rol atau ampelas gulungan. Ampelas lembaran terbuat dari kertas, tetapi ada juga yang terbuat dari kain yang masing-masing mempunyai fungsi serta kegunaan yang berbeda-beda. Sedangkan untuk ampelas gulungan terbuat dari kain, ampelas gulungan merupakan ampelas serbaguna.

Kasar serta halusnya ampelas ditandakan dengan angka yang terdapat dibalik permukaan ampelas yang kasar. Semakin besar angka yang tertera maka akan semakin halus serta semakin rapat susunan pasirnya. Misalnya untuk ampelas kain mempunyai nomor 0, 1, 11/2, 21/3, 3 dan seterusnya. Sedangkan untuk ampelas kertas mempunyai nomor 80,100,120 dan seterusnya.

Biasanya ampelas kertas berguna untuk menggosok besi ataupun sebagai penghilang karat pada besi. Dalam pemakaiannya, ampelas kertas pada umumnya dibasahi air sehingga terkadang disebut juga dengan sebutan ampelas air.

Untuk ampelas kain dipakai untuk mengampelas tembok ataupun kayu. Dalam pemakaiannya, ampelas kain tidak harus dibasahi air sebab bagian kasarnya mudah rontok atau terkelupas.

Untuk ampelas rol atau ampelas gulungan umumnya dipakai untuk menggosokkan bermacam bahan termasuk kayu, tembok, besi dan yang lainnya. Bagian kasar ampelas ini tidak mudah rontok, sehingga apabila dipakai untuk menggosok pada bahan besi dapat dibasahi air sama halnya dengan ampelas kertas. Akan tetapi apabila  dipakai untuk menggosok tembok ataupun kayu, tidak perlu dibasahi. Karena mempunyai beragam kegunaan, maka ampelas gulungan disebut juga dengan sebutan ampelas serbaguna.

Setelah anda paham mengenai ampelas berdasarkan bahan serta kegunaannya, semoga tidak salah beli ataupun salah dalam pemakaiannya. Jenis-jenis ampelas yang diperlukan dalam membantu pekerjaan bisa anda dapatkan di toko terdekat atau di Ralali.com . Ampelas lembaran dijual per lembar, sedangkan untuk ampelas gulungan dijual meteran.

Untuk melihat berbagai kertas Amplas dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat anda cek di website Ralali. Ralali jual Amplas dengan varian merk dan tipe yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.