Rahasia Segelas Bubble Drink, Si Minuman Segar Kekinian

Rahasia Segelas Bubble Drink, Si Minuman Segar Kekinian

Source: Shutterstock

BOBA Fest yang diadakan di salah satu mal di Jakarta Selatan kemarin mengundang antusiasme yang luar biasa dari pecinta boba di ibukota. Sebanyak 26 tenant yang membuka gerai disana nyaris nggak pernah sepi antrean pengunjung. 

Fenomena ini bisa membuktikan kalau minuman dengan bola hitam yang terbuat dari tepung tapioka ini masih digandrungi banyak orang karena rasanya yang manis dan menyegarkan.

Nah, tahu nggak sih boba lovers kalau ada fakta-fakta tersembunyi di balik segelas bubble drink. Apa aja itu langsung aja cek fakta-fakta unik yang ini nih!

Fakta-Fakta Unik Dibalik Segelas Boba

Boba Budaya Taiwan & Amerika

Source: shutterstock

Makanan mungil bertekstur kenyal ini awalnya populer di Taiwan. Namun siapa sangka seiring banyaknya imigran Taiwan di AS dan berkembangnya coffee shop di AS di tahun 90-an ternyata membuat boba menjadi populer, hingga menjadi budaya yang menyatukan keduanya.

Makanan Wajib di Pasar Malam

Source: shutterstock

Tahukah kamu kalau boba menjadi makanan wajib di pasar malam Taiwan. Dimana ratusan tempat makan pinggiran pasti menjual makanan ringan dari tapioka ini, dengan beraneka variasi baik minuman buah atau milk tea dengan boba. 

Berawal Dari Boba Dengan Rasa Buah

Source: shutterstock

Umumnya boba yang diketahui saat ini berwarna hitam pekat. Tapi asal tahu saja ya kalau dulunya pearl dibuat dari bubuk buah dan sirup, agar lebih murah dan tahan lama. Hingga kelamaan munculah boba klasik seperti saat ini yang punya rasa manis dan lembut.

Brand Boba Tertua

chun shui tang store in Taiwan

Dari ratusan toko di Taiwan yang menjajakan minuman kekinian ini, Chun Shui Tang dan Hanlin Tea terbilang punya sejarah paling panjang. Namun, brand Chat Time-lah yang memiliki cabang terbanyak di seluruh dunia, disusul dengan brand KOI.

Istilah yang Berasal Dari Brazil

Martabak Bubble

Nama tapioka sendiri berasal dari bahasa Brazil, tipi’oka yang artinya makanan dari singkong. Namun di beberapa tempat sendiri tapioka dikenal dengan sebutan mandioca, aipim, macaxeira, manioca, boba, dan yuca.

Pearl/boba sendiri terbuat dari tepung tapioka yang diekstrak dari umbi singkong yang kemudian disaring, lalu dipisahkan cairan dan ampasnya. Dari hasil endapan inilah yang nantinya dikeringkan dan digiling menjadi butiran kecil. 

Tak Hanya dari Terbuat dari Singkong

Source: shutterstock

Bubble bukan saja terbuat dari pati ekstrak pati singkong loh, karena baru-baru ini muncul boba yang terbuat dari cincau,agar-agar hingga jelly. Tentu tekstur yang dihasilkan akan berbeda sesuai dengan bahan-bahan yang digunakan. 

Selain itu mengganti bubble dari tapioka dengan bahan seperti jelly jauh lebih sehat untuk dikonsumsi, dan pastikan untuk tidak mengonsumsinya berlebihan ya.

Menu yang Berbeda Di Setiap Musimnya

Peluang usaha minuman

Di tempat asalnya trend bubble tea terus berubah sesuai dengan musim yang terjadi. Sebutkanlah di musim dingin minuman segar kekinian jenis milk tea boba akan sangat diminati. Berbeda lagi di jika musim panas datang, boba dengan rasa buah-buahan segar ringan di mulut lebih banyak disukai. 

Nah, untuk mencicipi segelas minuman segar kekinian ini kamu sudah bisa mengunjungi kedai minuman kekinian seperti KOI, Chat Time, Xing Fu Tang dan merek minuman lainnya.

Resep Keluarga

Source: Pinterest

Bola hitam kecil (fen yuen)  yang disajikan dengan milk tea atau minuman rasa buah ini awalnya resep keluarga Liu Han-Chieh pemilik kedai teh di Taichung. Resep yang merupakan kreasi baru yang memadukan kedua bahan di atas sendiri diperkenalkan pada 1987, dan karena respon yang menggembirakan akhirnya kreasi ini di jual kepada umum, dan terbukti masih eksis sampai hari ini.

Minuman Halal & Vegetarian

center>
Jalan jalan ke taiwan

Buat kamu para muslim yang berkunjung ke Taiwan minuman segar ini kudu banget dicoba, karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalao boba itu terbuat dari ekstrak singkong, jelly, yang berpadu dengan teh. Jadi aman deh untuk dikonsumsi buat wisatawan muslim dan juga vegetarian.

Minuman Segar Untuk Segala suasana

Aneka minuman segar

Memiliki rasa yang manis membuat bubble tea menjadi teman yang asyik untuk dikonsumsi bersama makanan pedas dan gurih. Kemanisannya bisa mengimbangi rasa pedas yang menyerang lidah.

Ide Bisnis Minuman Kekinian 

Source: shutterstock

Selain enak dikonsumsi di segala suasana, bubble drink juga cocok dipilih menjadi bisnis minuman kekinian yang menjanjikan baik individu maupun waralaba. Selain karena penggemarnya yang beragam dari anak-anak hingga dewasa, kepopuleran minuman segar ini juga nggak kalah dengan minuman lainnya seperti kopi. Terbukti menjamurnya usaha kuliner ini, dan bahkan kopi yang sudah menggunakan bubble sebagai topping sebagai campuran segelas es kopi. 

Memiliki Nama yang Berbeda 

Peluang bisnis 2019

Di ibukota boba lovers biasanya menyebut bubble tea, berbeda lagi di luar negeri yang menyebut minuman segar kekinian ini dengan sebutan boba nai cha, tapioca tea, zhen zhou nai cha, pearl tea, momi milk tea, pearl shake dan masih banyak lagi.

Topping Untuk Aneka Kreasi

usaha yang menjanjikan

Jika kamu mengira bubble merupakan soulmate untuk milk tea, atau teh rasa buah, berarti kamu perlu tahu nih kalau si kecil hitam chewy ini bisa juga menjadi toping untuk cemilan dari tepung terigu seperti waffle, maupun martabak. Cocok untuk segala ukuran baik martabak manis reguler, atau martabak mini. Bikin hidangan yang kamu jual makin enak dan terlihat menarik, jika suka tambahkan satu scoop es cream atau cheese cream agar makin menggugah selera. Kalau penasaran sama rasanya saat ini sudah ada salah satu kedai minuman yang menjual kue dengan topping bubble.

Bubble Bukanlah Nama Dari Boba

Bubble

Mungkin kalian pernah bertanya-tanya dari mana nama bubble drink, jawabannya sederhana bukan karena dari boba yang ada di dalam segalas minuman, tapi dair busa yang muncul dari proses pengaduka/pengocokan sebelum disajikan.

Minuman Rumahan yang Mudah Dibuat

Source: shutterstock

Ketimbang mengantri berjam-jam atau menunggu pesanan online yang tak kunjung datang, mending bikin sendiri yuk minuman segar kekinian ini di rumah.

Selain mudah dibuat, bahan untuk membuatnya juga sederhana. Cukup gunakan tepung tapioka, gula merah dan air panas yang diuleni bersamaan, lalu direbus hingga tingkat kekenyalan tertentu.

Jika sudah angkat dan letakan boba dalam sebuah wadah. Langkah terkahir letakan boba di paling dasar, es serut atau susu ,dan beri gula sesuai selera. Mudahkan membuat segelas bubble tea sendiri.


Ayo Saling Membantu

bisnis menjanjikan 2019bisnis minuman kekinianbubble teainsightIntermezzominuman segarPearl
Comments (0)
Add Comment