Bisnis Toko Kelontong Masih Oke? Yuk Cek Prospeknya

0

Membuka bisnis toko kelontong menjadi pilihan menarik. Modal yang dibutuhkan tidak besar. Pangsa pasarnya juga sangat luas. Potensi keuntungannya juga lumayan besar. Walaupun hanya untung 5 persen dari penjualan barang, namun barang sangat cepat untuk laku sehingga keuntungan akan terus berlipat.

bisnis toko kelontong
imagesource : kompas

Toko Kelontong adalah sebutan untuk toko kecil yang menjual berbagai macam produk dasar, seperti bahan makanan, bahan rumah tangga, dan produk kebutuhan sehari-hari lainnya. Toko Kelontong menjadi pilihan populer bagi masyarakat karena lokasinya yang dekat dengan rumah mereka dan juga karena harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan toko besar seperti supermarket.

Berikut adalah beberapa produk yang dijual di toko kelontong:

  • Bahan makanan: Seperti beras, gula, minyak goreng, dll.
  • Produk kebutuhan sehari-hari: Seperti sabun, shampoo, deterjen, dll.
  • Produk rumah tangga: Seperti pakaian dalam, handuk, sarung bantal, dll.
  • Snack dan permen: Seperti kripik, permen, dll.

Semua barang tersebut merupakan kebutuhan sehari-hari setiap orang. Oleh sebab itu, bisnis kelontong sangat cocok menjadi pilihan bisnis. Apalagi barang-barang tersebut tergolong membutuhkan modal kecil. Bahkan beberapa barang bersifat konsinyasi. Artinya barang tersebut dititipkan oleh sales dan baru akan ditagihan ke toko setelah barang terjual. Misalnya:

  • Kerupuk
  • Roti
  • Kue-kue
  • Keripik

Prospek Membuka Toko Kelontong

Prospek toko kelontong di masa depan terlihat cerah, karena permintaan akan produk dasar dan kebutuhan sehari-hari akan selalu ada. Selain itu, masyarakat juga akan terus mencari toko kelontong sebagai alternatif belanja yang praktis dan murah yang dekat dengan rumah.

Dengan demikian, toko kelontong memiliki potensi untuk berkembang dan memperluas pasar, terutama jika dikelola dengan baik dan memperhatikan kebutuhan pelanggan. Inovasi dan peningkatan kualitas produk dan pelayanan juga dapat menjadi kunci sukses untuk toko kelontong dalam menghadapi persaingan.

Membangun Bisnis Toko Kelontong

Walaupun prospek membangun toko kelontong masih bagus, namun perlu ada tindakan-tindakan untuk memastikan toko kelontong bisa makin berkembang. Untuk membangun toko kelontong yang sukses, ramai, dan terus berkembang, ada beberapa hal yang perlu dilakukan:

Sediakan produk yang berkualitas

Sediakan produk berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan pelanggan. Ini akan membuat pelanggan puas dan kembali membeli produk dari toko kelontong Anda.

Jaga harga yang kompetitif

Pastikan bahwa harga produk di toko kelontong Anda kompetitif dengan toko lain di sekitar. Ini akan membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk dari toko kelontong Anda.

Buatlah tampilan toko yang menarik

Buatlah tampilan toko yang menarik dan mudah ditemukan. Ini akan membuat pelanggan tertarik untuk datang dan membeli produk.

Sediakan barang yang banyak dicari

Toko kelontong tidak harus menyediakan semua barang karena tentunya modal akan besar. Namun pastikan menyediakan barang-barang yang umum dibutuhkan. Misalnya sembako, kopi, mie instan, rokok, dan beberapa minuman ringan.

Jangan memberikan hutang

Banyak toko kelontong yang memberikan hutang kepada pelanggannya. Pastikan untuk mencegah terjadinya hutang. Menagih hutang akan memakan waktu anda, sementara waktu adalah sumber daya yang paling mahal di dunia karena tidak terbeli. Jadi jangan sampai anda menyerahkan waktu anda dengan sia-sia untuk menagih hutang.

Bangun relasi dengan supplier

Bangun relasi baik dengan supplier anda. Ini akan membantu anda untuk tetap mendapatkan barang dengan harga murah. Selain itu, supplier nantinya bisa memberikan informasi-informasi penting seperti mau ada kenaikan harga dalam beberapa minggu kedepan, ataupun ada produk baru yang lebih murah.

Dengan melakukan hal-hal ini pastinya bisnis toko kelontong anda akan terus berkembang dan menjadi pilihan para pelanggan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.