Aneka Kreasi Rendang Kuliner Nusantara yang Mendunia

0

Wujudkan rasa cinta kepada tanah air melalui kepedulian terhadap kuliner nusantara

Ada yang bilang kalau cinta itu harus peduli, mau cari tahu, dan harus mengerti. Hal ini bukan berlaku sama relationship aja loh, tapi juga sama tanah air kita Indonesia. 

Nah, menjelang 17 Agustus dimana menjadi hari kemerdekaan Indonesia yang ke-74, kali ini kita akan membahas masakan nusantara yang mendunia dan menguliknya lebih dalam, sebagai bentuk rasa kepedulian kita terhadap budaya bangsa ini melalui makanan khas daerah yang sering terlupa.

Di seri artikel ini pertama kita akan membahas Rendang. Yup, daging olahan asal Padang ini punya cita rasa yang pedas dan menyatu sempurna dengan aroma rempah-rempah, membuat siapapun jatuh hati.

Rendang
Rendang

Saking enaknya kuliner ini bahkan masuk dalam deretan makanan nusantara yang terenak di dunia menurut versi CNN loh.Tapi meskipun udah go international masih aja loh yang belum tahu kalau Rendang punya “rahasia” yang belum dibeberkan 

  • Rendang itu bukan nama masakan loh, tapi proses memasak yang disebut ‘merandang’ dimulai dari gulai, kalio hingga akhirnya bumbu meresap secara sempurna.
  • Cara termudah untuk mengetahui daging sapi yang sudah menjadi Rendang, dapat terlihat dari warnanya yang sudah berubah menjadi coklat kehitaman.
  • Tahu nggak sih kalau di tempat asalnya, Rendang bisa diolah dengan 400 cara memasak yang berbeda loh. Tentunya dengan ciri khas masing-masing daerahnya sendiri.
  • Masakan khas daerah ini populer di berbagai negara Asia seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipian, bahkan Thailand juga suka banget sama Rendang.
  • Rendang bisa bertahan sampai 3 bulan tanpa dipanaskan, tanpa berubah rasa dan aromanya
  • Agar menghasilkan rasa yang lebih gurih, membuat Rendang diharuskan menggunakan kelapa yang sudah tua saat memasaknya.
  • Tak Hanya Menggunakan daging sapi ada berbagai variasi rendang yang bisa dibuat dari ayam, bebek, dan telur.
  • Agar bumbu dan rempah meresap sempurna ke dalam Rendang, dibutuhkan waktu memasak lebih dari 7 jam dengan api yang kecil dan diaduk rata secara berkala.

Aneka kreasi rendang

Pizza Rendang

Pizza Rendang
Pizza Rendang

Gimana ya kalau makanan ala western ini berpadu dengan kuliner nusantara asal Padang, cocok banget nih buat kamu yang bosen sama sajian Rendang yang gitu-gitu aja. Pedasnya daging Rendang yang berpadu dengan bawang bombay, dan keju mozarella makin menambah nikmatnya panganan tradisional yang satu ini nih.

Kimbap Rendang

Kimbap Rendang
Kimbap Rendang

Perpaduan citarasa lokal dengan makanan populer dari Korea, yang terbuat dari nasi putih yang digulung dengan lembaran rumput laut kering yaitu kimbab. Resep makanan fusion ini bisa dibilang merupakan resep kekinian yang enak plus unik loh. Cocok banget nih, buat ide cemilan spesial maupun ide bisnis kamu.

Burger Rendang

Burger
burger rendang

Potongan daging sapi yang tebal, berpadu dengan adonan roti bulat atau yang biasa kita kenal dengan sebutan burger. Merupakan salah satu makanan barat yang bisa diterima di Indonesia, dan sudah banyak mengalami banyak modifikasi. Penasaran sama rasanya?

Martabak Rendang

Martabak rendang ayam jamur
Martabak rendang ayam jamur

Tak hanya nikmat dan menggoyang lidah. Karena kuliner legendaris asal Bangka ini bisa diolah menjadi aneka kreasi makanan yang super menarik, seperti martabak mini Rendang isi jamur. Rasanya yang pedas dan gurih, cocok banget untuk dijadikan cemilan sore atau bahkan jadi ide bisnis kuliner kekinian.

Mi Rendang

Mie Rendang
Mie Rendang

Bayangkan saat semangkuk mi hangat dengan topping Rendang di atasnya, yum harumnya itu loh! Bikin siapapun pasti tergoda. Jika suka kamu bisa menambahkan telur untuk menambah kenikmatan yang sempurna.

Bahan – Bahan Membuat Resep Daging Rendang Asli Padang

Rendang Indonesia
Rendang Indonesia
  • 1/2 kg daging sapi
  • 2 liter santan dari 2 butir kelapa tua

Bumbu dan Rempah Untuk Membuat Rendang Minang Asli

  • 2 batang daun serai di geprek
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 1 buah asam kandis
  • 2 lembar daun kunyit

Bumbu Resep Rendang Padang Asli Minang

  • 5 butir kemiri
  • 6 siung bawang putih
  • 100 g cabe merah besar
  • 12 butir bawang merah
  • 100 g cabe merah keriting
  • 2 cm jahe, bakar
  • 2 cm lengkuas
  • 3 cm kunyit, bakar
  • 1/2 sdm ketumbar
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt pala
  • 1 sdt jintan, sangrai
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara Mengolah Resep Rendang Padang

Bisnis martabak mini
Bisnis martabak mini

1.siapkan dulu daging dengan ukuran yang diinginkan. Potong sesuai keinginan. Namun disarankan untuk tidak memotong daging terlalu besar, karena akan membuat bumbu menyerap lebih lama. Jangan terlalu kecil juga agar daging tidak mudah hancur. 

2. Tuang santan ke wajan ukuran besar, beserta bumbu-bumbu dapur seperti bawang merah, serai, asam dan daun kunyit. Aduk bersama santan, dan tunggu hingga mendidih. Untuk memastikan santan yang dibuat tidak pecah, kamu disarankan untuk mengaduk santan terus menerus sampai mendidih

3. Masukan bumbu yang telah dihaluskan saat santan sudah mendidih. Aduk kembali selama 20-30 menit. 

4. Saat santan terlihat berminyak, berarti ini saatnya untuk memasukan daging rendang yang sudah disiapkan sebelumnya. Masak dengan api kecil/sedang hingga mengental, serta mengering ke dalam potongan daging.

5. Masak terus hingga daging empuk, dan sesekali cek bagian dasar wajan agar tidak gosong.

Di daerah asalnya Rendang biasa dimasak selama 8 jam loh, bayangin nggak betapa sulitnya masak olahan daging ini. Meskipun butuh proses pemasakan yang lama, makanan khas daerah ini mempunyai rasa yang lezat dan bikin nagih.


Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar