Memahami TPS Limbah B3 dan Syarat Pembuatannya

0

Definisi TPS limbah B3 adalah suatu infrastruktur penting dalam pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). Seperti namanya tempat penyimpanan sementara (TPS) limbah B3 adalah bangunan yang dirancang khusus untuk menyimpan sementara limbah B3 yang dihasilkan oleh berbagai kegiatan industri. Tujuan utama dari diciptakannya TPS ini adalah untuk memastikan agar limbah yang disimpan dengan cara yang aman dan sesuai standar teknis, pengemasan, hingga persyaratan lokasi tertentu. Di artikel ini kita akan membahas lebih lanjut tentang syarat-syarat dalam pembuatan TPS untuk limbah B3 dibawah ini.

Syarat Pembuatan TPS Limbah B3

Dilihat dari definisi TPS limbah B3 diatas, maka untuk dapat menjadi sebuah tempat penyimpanan sementara (TPS) harus memenuhi beberapa persyaratan. Syarat pembuatan TPS limbah B3 tersebut meliputi lokasi, fasilitas, dan peralatan penanggulangan keadaan darurat, berikut penjelasannya. 

Lokasi TPS Limbah B3

Lokasi TPS Limbah B3 harus memenuhi beberapa persyaratan penting, diantaranya:

  • Pertama, lokasi harus bebas banjir dan tidak rawan bencana alam. Jika lokasi berada di area yang rawan banjir atau bencana alam, harus ada rekayasa teknologi untuk Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH). Dengan demikian, risiko penyebaran limbah dapat diminimalkan, dan lingkungan tetap terjaga. 
  • Kedua, lokasi TPS B3 harus berada dalam penguasaan orang atau entitas yang menghasilkan limbah B3. Hal ini memastikan bahwa pengelolaan dan penanganan limbah berada dalam kontrol yang tepat.

Fasilitas TPS Limbah B3

Fasilitas yang ada di TPS Limbah B3 juga harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti:

  • Fasilitas utama termasuk bangunan (atau containment building), yang didesain khusus untuk melindungi dan menyimpan limbah B3. 
  • TPS juga harus dilengkapi dengan tangki dan/atau kontainer, silo, tempat tumpukan limbah (waste pile), dan waste impoundment (area untuk menampung limbah). 
  • Bentuk fasilitas lainnya dapat disesuaikan dengan perkembangan teknologi, asalkan tetap mematuhi standar pengelolaan limbah B3.

Peralatan Penanggulangan Keadaan Darurat

Peralatan penanggulangan keadaan darurat juga sangat penting dalam TPS Limbah B3. Hal ini mencakup alat pemadam api dan alat penanggulangan keadaan darurat lain yang sesuai, seperti pasir, oil absorbent, safety shower, oil boom, dan oil skimmer. Dan juga peralatan-peralatan ini penting untuk selalu siap dan mudah untuk diakses agar dapat mengantisipasi dan menangani berbagai situasi darurat yang mungkin bisa terjadi.

Persyaratan Bangunan Sesuai Karakteristik

TPS untuk limbah B3 harus dirancang dan dibangun berdasarkan jenis, karakteristik ,dna jumlah limbah B3 yang disimpannya. Karakteristik limbah B3 ini bermacam-macam meliputi limbah yang mudah menyala, mudah meledak, reaktif, korosif, dan beracun. Setiap karakteristik ini memiliki penanganan dan TPSnya masing-masing, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini.

Mudah Menyala

  • Limbah B3 yang mudah menyala membutuhkan bangunan yang memiliki tembok pemisah dengan bangunan lain yang berdampingan. 
  • Jika bangunan TPS untuk Limbah B3 dibangun terpisah dari bangunan lain, maka jaraknya harus paling sedikit 6 meter. 
  • Struktur pendukung atapnya terdiri dari bahan yang tidak mudah menyala, dan konstruksi atap dibuat ringan serta mudah hancur bila terjadi kebakaran. 
  • Penerangan dalam bangunan tersebut harus tidak menyebabkan ledakan atau percikan listrik (explosion proof).

Mudah Meledak

Untuk limbah B3 yang mudah meledak, konstruksi bangunan, termasuk lantai, dinding, dan atap, harus dibuat tahan ledakan. Lantai dan dinding harus dibuat lebih kuat daripada konstruksi atap. Selain itu, bangunan tersebut harus memenuhi ketentuan suhu ruangan setiap saat.

Reaktif, Korosif, dan Beracun

Sementara itu, bangunan untuk limbah B3 dengan karakteristik reaktif, korosif, dan/atau beracun harus memiliki konstruksi dinding yang mudah dilepas. Konstruksi atap, dinding, dan lantai juga harus tahan terhadap korosi dan api.

TPS Limbah B3 Penting di Beberapa Sektor Industri

Mengingat pentingnya peran TPS Limbah B3 dalam pengelolaan limbah B3, tidak heran jika TPS untuk Limbah B3 ini menjadi sebuah aspek yang tidak bisa diabaikan. Mulai dari industri, perkantoran, hingga rumah sakit memiliki TPS untuk menampung limbah B3nya yang memenuhi standar dan persyaratan yang sudah ditentukan. Untuk lebih mendalami bagaimana tentang topik TPS limbah B3 ini Anda bisa membaca artikel selanjutnya seperti TPS Limbah B3 di Perkantoran, TPS Limbah B3 di Rumah Sakit, dan TPS Limbah B3 di Puskesmas.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.